Cara Mudah Mengetahui pH Tanah

Pertanianku — Salah satu persyaratan yang sering Anda lihat ketika ingin mulai menanam adalah derajat keasaman tanah atau pH. Namun, pemula sering kali kesulitan untuk mengetahui pH tanah yang sudah dimilikinya. Ada banyak cara untuk mengetahui pH tanah, mulai dari cara sederhana atau tradisional hingga cara yang canggih dengan menggunakan alat ukur.

mengetahui pH tanah
foto: pixabay

Cara mengetahui pH tanah dengan cara tradisional bisa dilakukan dengan kunyit. Caranya, siapkan kunyit seukuran jempol tangan dan potong menjadi dua bagian. Selanjutnya, ambil sampel tanah dari keempat ujung titik lahan dan satu titik berada di tengah lahan.

Aduk semua tanah sampel yang diambil dari lima titik berbeda hingga tercampur merata dan basahi dengan air. Setelah itu, masukkan satu bagian kunyit yang sudah dipotong menjadi dua bagian ke dalam tanah yang sudah dibasahi. Diamkan selama 30 menit, kemudian angkat kunyit.

Perhatikan dan bandingkan warna potongan kunyit yang sudah dicampur dengan tanah dan potongan kunyit yang tidak dicampur dengan tanah. Jika warna kunyit yang dicampur tanah memudar, bisa dipastikan pH tanah asam atau berada di bawah 7. Sebaliknya, jika warna kunyit tidak berubah, pH tanah mendekati normal. Sementara itu, jika kunyit berwarna biru, tanah tersebut bersifat basa atau pH-nya di atas 7.

Mengetahui pH tanah juga bisa dilakukan dengan kertas lakmus. Caranya, ambil sampel tanah dari keempat ujung titik lahan dan ditambah satu titik dari tengah lahan, lalu aduk rata. Basahkan campuran tanah tersebut dengan air dengan perbandingan 1:1 dan tuangkan ke dalam gelas. Biarkan campuran tersebut selama 15 menit hingga tanah mengendap.

Setelah tanah sudah mengendap, masukkan ujung kertas lakmus selama 1 menit. Kertas hanya perlu mengenai air tanpa tanah. Setelah warna di kertas lakmus sudah stabil, angkat dan cocokkan dengan warna pada kertas lakmus yang tertera di kemasan. Dari warna hasil pengujian, Anda akan tahu kondisi pH tanah.

Baca Juga:  Menanam Pohon Jambu Biji dari Biji Buah

Mengukur pH tanah dengan pH meter sangat mudah, caranya hampir sama seperti menggunakan kertas lakmus. Bedanya, alat tersebut dapat langsung menunjukkan angka derajat keasaman tanah.

 

 

 

 

 


loading...