Cara Mudah Menghemat Pakan Lele

Pertanianku — Pakan menjadi kebutuhan utama dalam proses budidaya ikan yang harus dipenuhi. Hal tersebut menyebabkan pakan menjadi bagian yang paling besar dalam modal produksi. Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, pembudidaya harus mampu menghemat pakan lele. Ada beberapa cara menghemat pakan lele yang sebenarnya bisa ditiru oleh pembudidaya, simak ulasannya di bawah ini.

menghemat pakan lele
foto: pertanianku

Sesuaikan jenis pakan yang diberikan

Pemberian pakan harus disesuaikan dengan umur ikan lele. Hal tersebut dapat menjamin pertumbuhan ikan menjadi lebih optimal. Hal pertama yang bisa diperhitungkan adalah bentuk pakan. Biasanya, pakan pabrik berbentuk butiran pelet. Sesuaikan bentuk pakan dengan umur ikan, seperti pakan yang berdiameter 2 mm untuk benih berukuran 5—6 cm.

Setelah bentuk pakan sudah sesuai, perhatikan kandungan nutrisi di dalam pakan. Pakan pelet yang mengandung protein antara 10—12 persen akan mudah hancur di dalam air. Berbeda halnya dengan pakan alami yang biasanya kandungan proteinnya cukup tinggi, bisa mencapai 25 persen ke atas dapat tetap utuh meski di dalam air.

Pakan dengan kadar air 10 persen lebih baik digunakan untuk ikan lele yang dipelihara secara intensif.

Nutrisinya tepat

Kandungan nutrisi yang ada di dalam pakan harus disesuaikan dengan kebutuhan ikan. Setiap fase pertumbuhan ikan membutuhkan nutrisi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kebutuhan pakan ikan di setiap fase pertumbuhan juga berbeda-beda.

Misalnya, pada fase larva hingga benih, ikan lele membutuhkan protein lebih dari 40 persen. Sementara itu, setelah memasuki fase pembesaran, ikan hanya membutuhkan protein sebesar 30 persen.

Volume pakan yang diberikan juga harus diperhatikan. Pakan tidak boleh kurang atau berlebih. Pakan pelet diberikan sebanyak 3—5 persen dari bobot total lele yang dipelihara.

Baca Juga:  Jenis Kolam yang Cocok untuk Pendederan Gurami

Waktu pemberiannya tepat

Pemberian pakan ikan sebaiknya tidak dilakukan sembarangan. Jumlah pakan yang diberikan sebanyak 5 persen dari bobot lele. Sementara itu, pada musim hujan, biasanya jumlah pakan yang diberikan berkurang menjadi 3 persen. Waktu pemberian pakan yang tepat adalah pagi dan sore hari.

 

 


loading...