Cara Mudah Mengolah Kulit Manggis

Pertanianku — Sudah bukan rahasia lagi bahwa kulit manggis memiliki khasiat yang sangat mutakhir untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit. Dulu, kulit buah ini jarang digunakan dan hanya menjadi limbah yang berakhir di tempat sampah. Kini, kulit buah yang berwarna merah keunguan ini terbukti sangat berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

kulit manggis
foto: pixabay

Cara pengolahan kulit manggis sebenarnya tidak begitu sulit. Anda bisa mengolah kulit buah ini sendiri di rumah. Berikut ini beberapa cara mudah mengolah kulit manggis agar bisa dikonsumsi sebagai obat herbal.

Jus kulit buah manggis

Loading...

Kulit buah ini tidak memiliki rasa yang bersahabat dengan lidah, bahkan cenderung terasa pahit dan tidak enak. Agar rasanya enak dan diterima oleh lidah, Anda bisa mengolah kulit buah menjadi jus. Langkah mudah pembuatan jus kulit buah manggis bisa Anda simak di sini. Agar terasa lebih nikmat, sebaiknya jus dibuat sendiri sehingga rasanya bisa disesuaikan dengan selera.

Kulit buah kering

Untuk mengeringkan kulit buah, Anda tidak perlu untuk menunggu cuaca panas. Anda bisa mengeringkan kulit buah dengan bantuan oven atau dimasukkan ke kulkas. Sebelum dikeringkan, cincang kecil-kecil kulit buah manggis.

Jika pengeringan dilakukan dengan oven, suhu yang disarankan maksimal 60°C agar enzim dalam kulit buah tidak rusak. Untuk pengeringan di dalam oven, Anda boleh tidak memotong kecil-kecil, tetapi waktunya akan berlangsung lebih lama.

Sementara itu, pengeringan yang dilakukan di dalam lemari pendingin atau kulkas, kulit buah harus dipotong kecil-kecil. Letakkan kulit buah di atas nampan agar proses berjalan lebih cepat.

Kulit buah yang sudah kering bisa dibuat menjadi jus, wedang, puding, kopi, atau sekadar direbus.

Ekstrak kulit manggis

Baca Juga:  Kunci Keberhasilan Semai Benih Tanaman

Ekstrasi kulit manggis dilakukan dengan menggunakan aseton dan etanol. Ekstrasi ini dilakukan pada skala laboratorium atau industri besar dan menengah karena membutuhkan ekstraktor dan evaporator yang harganya cukup mahal. Kulit buah yang sudah diekstrak akan dimasukkan ke kapsul. Kapsul ini bisa bertahan 3,4 tahun.

Kulit buah rebus

Merebus kulit buah sangat mudah, tetapi daya tahan air rebusan sangat rendah. Setelah direbus, ramuan harus segera diminum agar khasiatnya tidak menghilang.

Loading...
Loading...