Cara Mudah Mengusir Hama Burung pada Tanaman Padi


Pertanianku — Tanaman padi merupakan komoditas pertanian terbesar di Indonesia. Akan tetapi, faktor pengganggu tanaman padi selalu saja muncul, salah satunya hama burung. Lantas, adakah cara mudah mengusir hama burung pada tanaman padi?

hama burung
Foto: Google Image

Anda mungkin pernah melihat orang-orangan sawah yang dipasang pada area pesawahan. Cara ini sudah lama dipraktikkan para petani untuk mengusir hama burung yang memakan padi mereka. Namun tahukah Anda, ternyata masih banyak lagi metode yang bisa dilakukan guna mengusir hama burung tersebut dan berikut ini ulasannya.

  1. Gunakan orang-orangan sawah

Burung yang melihat orang-orangan sawah akan mengira bahwa itu adalah manusia. Namun seiring waktu, para burung sepertinya belajar untuk mengetahui bahwa orang-orangan sawah itu tidak bergerak yang mana berarti itu bukan manusia.

Hal ini tentu membuat petani berpikir ulang. Sebagian petani kini menginovasi orang-orangan sawah mereka dengan kincir angin, tali penggerak, dan kaleng agar saat angin berhembus, sebagian tubuh orang-orangan sawah terlihat bergerak dan menakuti burung.

  1. Gunakan kincir angin

Kincir angin akan dipasang di tengah lahan padi, lalu dikombinasikan dengan kaleng sehingga muncul bunyi yang akan menakuti burung. Cara ini cukup efisien untuk digunakan ketika siang hari saat angin mulai berhembus. Namun, sayangnya, cara ini kurang efektif pada pagi hari karena masih belum ada angin yang cukup kuat.

  1. Gunakan perangkap jaring

Menggunakan jaring untuk melindungi tanaman padi merupakan cara yang sangat efisien karena bukan hanya akan menakuti burung, melainkan juga bisa menangkap burung tersebut.

Cara menggunakan perangkap jaring cukup mudah, yaitu dengan membentangkan beberapa baris jaring memanjang di atas tanaman padi. Saat siang hari, Anda bisa coba mengejutkan burung-burung yang bersembunyi di sela-sela tanaman padi menggunakan suara kaleng, maka burung akan terbang kelabakan dan sebagian akan terperangkap pada jaring.

  1. Gunakan plastik mengkilap
Baca Juga:  Ternyata Ini Alasan Pupuk Kimia Memicu Pemanasan Global

Membentangkan plastik mengkilap memanjang di atas tanaman padi akan membuat burung merasa silau dan takut untuk mendekati area sawah. Sayangnya, sepertinya cara ini kurang efektif pada pagi dan sore hari dimana cahaya matahari tidak begitu kuat.

  1. Gunakan kepingan CD

Cara ini sudah banyak dipraktikkan oleh petani di Cina dan hasilnya terbukti efektif untuk menakuti burung. Bagian CD yang mengkilat akan memantulkan cahaya matahari sehingga menyilaukan mata kawanan burung.

  1. Gunakan layang-layang burung

Layang-layang juga bisa digunakan untuk menakuti hama burung dengan catatan layang-layang tersebut berbentuk seperti burung besar atau burung elang. Terbangkan  layang-layang dan patok pada ketinggian rendah. Tambahkan alat penghasil suara pada layang-layang sehingga akan semakin menakuti burung-burung kecil.

  1. Gunakan alat recorder suara

Cara ini memang lebih mahal namun bisa diandalkan sepanjang hari, terlebih ketika dikombinasikan dengan orang-orangan sawah atau benda yang menyilaukan dan layang-layang. Suara yang direkam untuk diputar berulang-ulang bisa berupa suara teriakan mengusir burung, suara elang ataupun suara burung kesakitan.