Cara Mudah Merangsang Ikan Maskoki untuk Bertelur


Pertanianku — Anda memelihara ikan maskoki di rumah, tetapi dia enggan bertelur padahal akuarium dan ikannya dalam keadaan baik? Sebenarnya ada cara mudah merangsang ikan maskoki untuk bertelur dan menghasilkan keturunan-keturunan yang cantik.

merangsang ikan maskoki untuk bertelur
Foto: Shutterstock

Caranya cukup sederhana dan kemungkinan berhasilnya cukup besar. Anda hanya perlu memasukkan induk ikan maskoki ke plastik berukuran 40 × 60 cm yang sudah diisi dengan air bersih seperempat bagiannya. Setelah itu, plastik tersebut kemudian diikat dengan karet dan dibiarkan selama kurang lebih 12 jam.

Selama disekap, Anda perlu memantau kondisi maskoki. Jika terlihat agak teler (mabok), ganti airnya dengan air yang bersih dan sudah diinapkan semalam. Plastik lalu diikat kembali dengan karet. Dengan kondisi yang sungguh tidak enak ini, induk ikan dikuruskan dan dapat dikatakan kalau ikan tersebut dipaksa takut mati.

Ikan yang panik menghadapi maut, dirangsang untuk meninggalkan keturunan. Kita lalu bisa berharap besar bahwa keesokan harinya maskoki mau memijah ketika dilepas kembali ke kolam pemijahan. Suasana baru setelah menjalani sekapan tadi mendorong ikan hias maskoki untuk memijah, dalam rangka meninggalkan keturunan itu.

Cara tersebut sudah terbukti ampuh dan dipraktikan oleh beberapa pembudidaya ikan maskoki dan selalu berhasil. Selain itu, induk ikan hias maskoki jangan diberi makan cacing sutera karena kandungan lemak cacing itu sangat tinggi.

Induk yang kegemukan karena makmur akan malas bertelur. Sebaiknya, indukan maskoki betina diberi jentik-jentik nyamuk sehingga tubuhnya tidak terlalu gemuk dan tidak malas bertelur.

Baca Juga:  Jenis Ikan Ganas yang Biasa Dipelihara
loading...
loading...