Cara Mudah Merawat Tanaman Hias

Pertanianku — Tanaman hias yang sudah dibeli harus dirawat agar keindahannya dapat terjaga dalam waktu yang lama. Merawat tanaman hias tidak sekadar menyiram tanaman agar tidak kekurangan air. Ada banyak tindakan yang seharusnya dilakukan oleh pemilik tanaman.

merawat tanaman hias
foto: pertanianku

Di kalangan pehobi tanaman hias, kegiatan merawat tanaman hias menjadi aktivitas yang disukai karena dapat menimbulkan kesenangan tersendiri jika tanaman dapat tetap terlihat sehat, segar, dan indah. Berikut ini cara merawat tanaman hias yang seharusnya dilakukan.

Penyiraman

Loading...

Penyiraman harus dilakukan jika tanaman kekurangan pasokan air secara alami, terutama tanaman yang ditanam di indoor atau di dalam pot. Penyiraman sebaiknya mampu membasahi media tanam secara merata dengan kedalaman 15—30 cm tanpa menghanyutkan media tanam.

Untuk mengetahui tanaman sudah membutuhkan air, Anda dapat memeriksa media tanam dengan jari atau stik kayu. Jika permukaan tanaman sudah mengering, tanaman harus segera disiram. Tanaman yang ditanam di daerah tropis cukup disiram sehari sekali. Namun, intensitas air yang dibutuhkan harus tergantung dengan jenis tanaman yang digunakan. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu kriteria media tanam dan tanaman yang akan ditanam.

Pemupukan

Tanaman hias juga membutuhkan pemupukan seperti tanaman buah dan sayur. Pupuk yang digunakan dapat berupa pupuk kandang dan pupuk N. Untuk tanaman rumput, tidak disarankan menggunakan pupuk kandang karena mengandung biji gulma. Untuk menghijaukan dan menyuburkan tanaman, cukup menggunakan pupuk N pada permukaan rumput.

Pemangkasan

Pohon akan tumbuh setiap waktu dan sosoknya pun menjadi berubah. Untuk mempertahankan keindahan pohon, Anda harus rajin memangkas tanaman. Selain itu, pemangkasan berguna untuk memancing pembungaan sehingga bunga dapat tumbuh subur dan indah. Ada banyak teknik pemangkasan yang bisa disesuaikan dengan jenis tanaman hias, tetapi teknik yang paling umum dilakukan adalah hair cut technique.

Pengendalian hama

Baca Juga:  Khasiat Bambu Kuning untuk Mengobati Kolesterol dan Hepatitis

Tanaman hias memiliki potensi dapat terserang hama dan penyakit sehingga menurunkan kualitas secara fisik dan visual. Hama yang sering menyerang tanaman hias adalah rayap, semut, ulat, kutu, cacing, belalang, dan bekicot. Hama tersebut harus segera diatasi agar tidak merusak tanaman lebih jauh.

Loading...
Loading...