Cara Mudah Merebus Udang agar Makin Lezat

    Pertanianku — Salah satu makanan laut ini dikenal memiliki cita rasa yang sedap. Udang merupakan makanan laut yang banyak digunakan sebagai bahan baku beragam olahan masakan. Sayangnya, jika Anda memasak dengan cara yang kurang baik, udang akan terasa hambar dan rasanya akan kurang maksimal. Berikut ini cara mudah merebus udang yang sebaiknya Anda terapkan saat mengolahnya.

    merebus udang
    Foto: pixabay

    Sebelum menerapkan cara merebus udang dengan baik, ada baiknya Anda memeriksa terlebih dahulu udang yang Anda gunakan sebagai bahan baku masakan. Pastikan udang masih dalam kondisi layak konsumsi. Udang segar merupakan syarat utama dalam pembuatan menu olahan udang.

    Penggunaan udang segar akan mengurangi risiko keracunan makanan. Selain itu, dari segi rasa, tekstur, dan aroma, udang segar juga jauh lebih baik daripada udang yang sudah tidak layak konsumsi.

    Loading...

    Setelah memilih udang segar, langkah selanjutnya adalah mencuci bersih. Jika Anda menggunakan udang beku, lakukan thawing terlebih dahulu yakni membiarkan udang pada suhu ruangan hingga teksturnya kembali seperti semula. Hindari penggunaan air panas untuk merendam udang beku karena dapat merusak tekstur dan rasa udang.

    Rendam udang dengan sedikit perasan air jeruk nipis. Tambahkan garam secukupnya dan uleni udang hingga seluruh bagiannya merata.

    Cara merebus udang yang paling awal adalah dengan menggunakan air dalam jumlah secukupnya saja. Jangan menggunakan air dalam jumlah terlalu banyak. Panaskan air hingga mendidih terlebih dahulu. Kemudian, masukkan udang yang akan direbus.

    Beberapa bumbu yang biasa ditambahkan untuk menambah cita rasa udang adalah serai, garam, merica, dan jahe. Jangan terlalu banyak memberi bumbu agar rasa udang tidak berubah. Serai sebaiknya digeprek terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke wadah.

    Baca Juga:  Kenali Model-model Akuaponik

    Durasi atau waktu perebusan merupakan salah satu hal krusial dalam cara merebus udang yang baik. Durasi ini berkaitan dengan ukuran udang itu sendiri. Bila udang berukuran kecil, sebaiknya rebus selama 5 menit saja. Jika menggunakan udang berukuran lebih besar, rebus selama kurang lebih 10 menit untuk mendapatkan tekstur dan rasa yang pas.

    Merebus udang dalam waktu yang lama akan membuat makanan laut ini menjadi lebih hambar. Ciri udang yang sudah siap diangkat dari air rebusan adalah warna kulit udang yang sudah kemerahan.

    Agar tidak terus-menerus terkena panas, segera rendam udang yang telah direbus dalam air es. Dengan demikian, udang akan tampak lebih segar dan teksturnya tetap kenyal saat diolah menjadi aneka menu masakan.

    Loading...
    Loading...