Cara Mudah Pilih Ikan Segar, Ini Tanda-tandanya

Pertanianku — Mengonsumsi ikan digaungkan oleh banyak pihak. Kandungan gizi ikan yang tinggi dan kaya akan nutrisi sangat baik bagi tumbuh kembang anak-anak, serta mampu memenuhi kebutuhan orang dewasa. Namun, tak semua ikan aman untuk dikonsumsi. Sebaiknya, perhatikan lagi ciri ikan segar supaya tidak salah konsumsi.

ciri ikan segar
Foto: freepik

Ikan yang masih segar, baik ikan laut maupun ikan air tawar, tidak memiliki bau yang menyengat. Bau yang ditimbulkan oleh ikan segar adalah bau segar khas laut atau air. Sementara, ikan yang sudah tidak segar akan berbau amis yang menyengat.

Selain dari bau, warna sisik dan kulit ikan yang masih segar juga berbeda dengan ikan tidak segar. Kulit ikan segar akan berwarna cerah dan mengilap. Tubuhnya pun masih terasa kencang dan sisiknya tidak rontok.

Loading...

Ikan yang sudah lawas akan mengalami penurunan kualitas visual. Mulai dari kulit yang tampak berkerut, warna sisik yang kusam, hingga sisik bisa berwarna pucat. Hindari memilih ikan dengan ciri-ciri tersebut jika Anda ingin ikan yang masih segar.

Bagian lain yang tak kalah penting adalah insang ikan. Jika ikan masih segar, insangnya akan berwarna kemerahan cerah dan tampak segar. Sementara, ikan yang sudah tidak segar akan memiliki insang yang pucat bahkan seringkali berlendir.

Bagian daging ikan pun bisa menjadi tanda apakah ikan masih segar atau tidak. Ikan segar dagingnya masih padat dan elastis. Ikan-ikan ini tidak akan berubah bentuk ketika disentuh. Sebaliknya, ikan tidak segar badannya akan menjadi lembek.

Cara mudah memilih ikan segar dapat dilihat dari matanya. Bola mata ikan yang buram menandakan kesegaran ikan yang sudah menurun. Jika menginginkan ikan yang masih segar, Anda bisa memilih ikan dengan bola mata yang masih hitam, menonjol, dan berwarna jernih.

Baca Juga:  Pasar Internasional Minati Kepiting Maluku

Ciri-ciri tersebut adalah ciri yang paling mudah dikenali pada ikan segar. Anda bisa mendapatkannya dengan membeli langsung di pelelangan ikan, pasar ikan, ataupun di supermarket. Perhatikan pula waktu kedatangan ikan bila Anda ingin lebih yakin akan kesegaran ikan yang akan dibeli.

Ikan segar memiliki kandungan gizi yang masih sempurna. Selain itu, ikan segar juga memiliki cita rasa yang lezat. Dengan begitu, olahan masakan berbahan ikan segar akan lebih digemari oleh konsumen ataupun keluarga.

Loading...
Loading...