Cara Mudah Pilih Ubi Kualitas ‘Wah’

Pertanianku — Sumber karbohidrat yang satu ini menjadi alternatif pemenuhan kebutuhan nutrisi harian tubuh. Berbeda dari beras, gandum, jagung, ataupun sagu, ubi lebih banyak digunakan sebagai makanan camilan. Meskipun demikian, Anda harus tetap memerhatikan cara memilih ubi yang baik agar mendapatkan ubi dengan kualitas maksimal.

cara memilih ubi
Foto: pixabay

Perhatikan kulit

Pilihlah ubi dengan kulit yang masih mulus. Hal ini menjadi pertanda kebusukan ubi. Ubi yang sudah busuk tentu saja tidak baik untuk dikonsumsi. Agar Anda dapat melihat kulit ubi dengan lebih jelas, pilihlah ubi yang tidak banyak tanahnya.

Loading...

Selain itu, pilihlah ubi dengan warna yang lebih gelap. Hal ini menandakan ubi tersebut telah berusia cukup matang. Hindari memilih ubi dengan permukaan yang berbintik mata ataupun terdapat tanda-tanda tumbuhnya serabut akar.

Ubi yang sudah ditumbuhi serabut menandakan ubi tersebut sudah kelewat masa panen. Tekstur ubi pun akan mengeras. Jika dimasak, daging ubi akan terasa berserat. Ubi ini tidak cocok diolah menjadi berbagai jenis masakan.

Perhatikan bobot dan ukuran

Timbanglah dengan tangan ubi yang hendak Anda pilih. Jika bobot ubi tergolong ringan untuk ukurannya yang relatif lebih besar, sebaiknya hindari memilih ubi tersebut. Hal tersebut dapat menjadi pertanda bahwa ubi tersebut sudah dipanen dalam jangka waktu yang lama. Kandungan air dalam ubi telah menyusut sehingga bobot ubi berkurang walaupun ukurannya masih sama.

Namun, hindari pula memilih ubi yang tampak terlalu berat dibandingkan dengan ukurannya. Ubi yang berat biasanya banyak mengandung zat pati. Ubi ini akan memiliki rasa hambar apabila diolah.

Sebaiknya, pilihlah ubi dengan ukuran sedang, yakni tidak terlalu besar ataupun tidak terlalu kecil. Ubi ini memiliki rasa cenderung manis dan tekstur yang lebih lunak.

Baca Juga:  Manfaat Jagung untuk 4 Industri Utama

Perhatikan getah

Ubi yang sudah kelewat tua atau busuk bisa dikenali dari kulitnya. Sebaliknya, ubi yang masih terlalu muda atau belum matang juga dapat dikenali dari adanya getah pada ubi. Ubi yang masih muda memiliki getah dan bintik pada dagingnya apabila dibuka.

Ketika hendak memilih ubi, pastikan mengupas sedikit bagian kulit ubi. Jika terdapat getah, hal tersebut menandakan ubi masih muda. Ubi muda cenderung memiliki rasa hambar dibanding ubi yang sudah matang.

Loading...
Loading...