Cara Organik Menyemai Benih Tanaman Kelor


Pertanianku — Salah satu tujuan mengapa cara menanam atau menyemai benih tanaman kelor dilakukan dengan sistem organik adalah agar tanaman kelor yang tumbuh nantinya memiliki kualitas unggulan dan sehat ketika dikonsumsi.

menyemai benih tanaman kelor
Foto: Dok. Pertanianku9

Seperti kita tahu bahwa ada beberapa macam hasil tanam di pasaran yang tidak ditanam dengan sistem organik terkadang masih mengandung bahan kimia. Hal tersebut tentu saja tidak baik bagi kesehatan konsumen apabila zat-zat kimia tersebut secara tidak langsung masuk ke tubuh manusia melalui sayuran atau bahan makanan lainnya yang dikonsumsi.

Bagi Anda yang mau menanam tanaman kelor di halaman atau di pekarangan rumah, Anda bisa memulai dengan cara menyemai benih tanaman kelor terlebih dahulu. Caranya tidak terlalu rumit untuk dilakukan, terutama bagi Anda yang sudah memiliki hobi berkebun.

Berikut ini langkah-langkah cara penyemaian benih tanaman kelor dengan sistem organik.

  1. Siapkan terlebih dahulu wadah semacam nampan yang nantinya akan digunakan sebagai wadah media tanam atau media semai.
  2. Lalu, siapkan sekam bakar, cocopeat, dan pupuk kohe dengan perbandingan masing-masing adalah 1:1:1.
  3. Campurkan ketiga bahan tersebut di tempat terpisah hingga tercampur dengan merata. Lebih merata tentu saja lebih baik agar unsur hara yang terdapat pada pupuk kohe bisa lebih merata pula. Setelah selesai, gunakan campuran tersebut sebagai media tanam atau media semai.
  4. Masukkan media semai tersebut ke wadah yang tadi telah disiapkan.
  5. Buat lubang tanam pada media tanam menggunakan ujung jari tangan.
  6. Buka kemasan benih kelor yang telah dibeli.
  7. Masukkan benih kelor tersebut ke lubang tanam yang telah disiapkan, lalu tutup kembali lubang tanam tersebut menggunakan media tanam di sekitarnya.
  8. Langsung jaga kelembapan media tanam dengan cara menyiram semaian dengan menggunakan air secukupnya.
  9. Terus jaga kelembapan media tanam setiap hari dan tunggu hingga benih berhasil pecah benih.
  10. Setelah semaian berhasil pecah benih, langsung kenakan semaian ke sinar matahari agar tanaman dapat tumbuh dengan maksimal.
Baca Juga:  Ini Dia Alasan Hama Tanaman Harus Dibasmi Secara Teratur

Demikian langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk penyemaian benih tanaman kelor dengan cara organik.