Cara Packing Ikan Diskus yang Benar

Pertanianku — Cara packing ikan diskus tidak boleh dilakukan sembarangan karena dapat membahayakan ikan. Packing atau mengepak ikan diskus harus disesuaikan dengan tujuannya, baik ekspor maupun pasar dalam negeri.

cara packing ikan diskus
foto: Trubus

Ikan diskus yang akan diangkut harus dipuasakan terlebih dahulu selama 24 jam agar tidak mengeluarkan kotoran selama pengangkutan. Kotoran tersebut dapat mencemari media air sehingga ikan jadi stres dan keracunan. Berikut ini cara packing ikan diskus yang disesuaikan dengan tujuannya.

Kemasan untuk ekspor

Ikan diskus yang akan diekspor sebaiknya dikemas dengan 1 kantong plastik yang hanya berisi 1 ekor diskus. Ikan diskus berukuran 2 inci dikemas dengan plastik berukuran 12 cm, ikan berukuran 3 inci dikemas dengan plastik berukuran 17 cm, dan diskus berukuran 4 inci ke atas dikemas dengan plastik ukuran 25 cm. Apabila Anda memiliki diskus berukuran lebih dari 5 inci, sebaiknya gunakan plastik ukuran 30 cm.

Ujung kantong plastik di sebelah bawah dibuat menjadi persegi empat dan dilakban agar ikan dapat bergerak lebih leluasa serta merasa nyaman berada di dalam kantong. Diskus dikemas dengan kantong plastik yang dirangkap dua, di antara kedua plastik tersebut diberikan lapisan agar tidak tembus pandang sehingga ikan lebih nyaman.

Selanjutnya, berikan oksigen dan ikat bagian atas plastik dengan karet gelang. Tinggi kantong setelah diisi oleh oksigen dapat disesuaikan dengan tinggi styrofoam yang digunakan. Maksimal tinggi plastik ialah 2 cm di bawah bibir styrofoam agar styrofoam bisa ditutup rapi. Setelah itu, masukkan plastik kemasan ke boks, susun rapi dan berikan label nama.

Boks yang digunakan harus memenuhi standar internasional agar tidak mudah pecah bila terjatuh. Biasanya, di dalam boks diberikan dry ice untuk menjaga suhu.

Baca Juga:  Pakan Alami yang Cocok untuk Ikan Diskus

Kemasan untuk pasar lokal

Satu kemasan untuk mengirim ikan diskus ke pasar lokal dapat diisi oleh beberapa ekor ikan diskus berukuran 2–3 inci. Sementara itu, untuk ikan diskus berukuran 4 inci atau lebih sebaiknya dikemas secara individu untuk menghindari saling beradu sirip pada ruangan yang sempit.

Sama seperti yang akan diekspor, kemasan untuk pasar lokal juga perlu dirangkap dua. Perbandingan oksigen dan air di dalam kemasan adalah 3:1. Air diisi ¼ bagian dari kantong, dan oksigen diisi sebanyak ¾ dari kantong. Setelah itu, ikat bagian atas kemasan dengan menggunakan karet gelang.