Cara Paling Akurat Mencangkok Apel India

Pertanianku — Apel india atau yang lebih dikenal dengan sebutan putsa merupakan tanaman buah yang berasal dari daerah kering di India. Apel ini belum termasuk kategori dalam buah yang komersil karena belum banyak sentra budidaya yang meliriknya. Oleh karena itu, peluangnya cukup menjanjikan. Anda bisa memulainya dengan mencangkok apel india itu untuk kemudian dibudidayakan.

mencangkok apel india
Foto: Google Image

Jenis apel india merupakan apel yang mampu tumbuh dan berbuah meskipun ditanam di dataran rendah. Nah, berikut ini cara mencangkok apel india yang pasti berhasil.

Menyiapkan pohon indukan

Loading...

Tahap awal dalam mencangkok apel india ialah menyiapkan pohon indukan. Indukan inilah yang kemudian akan digunakan sebagai tanaman yang kemudian akan dicangkok. Untuk mendapatkan bibit berkualitas baik, indukan haruslah tanaman yang sudah produktif dan terbukti dapat menghasilkan buah. Kualitas buah yang dihasilkan baik, dalam artian indukan memiliki buah yang berukuran besar.

Selain itu, pastikan bahwa tanaman dalam kondisi sehat dan tidak sedang terkena hama atau penyakit, juga tidak ada bagian tanaman yang mengalami kecacatan. Sebaiknya, indukan berasal dari tanaman yang telah lebih dari 3 tahun dan memiliki hasil panen yang produktif. Sebelum dicangkok tanaman harus dipupuk dahulu untuk menjaga kandungan unsur hara dalam tanaman tetap melimpah.

Persiapan alat dan bahan

Berikut ini beberapa hal yang wajib Anda siapkan.

  • Persiapkan, pisau yang tajam atau cutter, plastik transparan, tali plastik rafia.
  • Sediakan juga ZPT yang merangsang pertumbuhan akan cangkokan agar cepat tumbuh.
  • Anda bisa menggunakan berbagai merek ZPT akar salah satunya adalah Rooton atau Root-Up.
  • Siapkan media tanam cangkokan yang berasal dari tanah dan campuran pupuk kandang.
  • Komposisi untuk kedua media dibuat dengan perbandingan 1:1.
  • Sebelum digunakan, media terlebih dahulu harus diatak dan dipakai yang berukuran halus saja.
  • Campurkan kedua media dengan merata, kemudia basahi permukaannya menggunakan air secukupnya.
  • Saat media tanam mulai bisa mengempal dan tidak pecah, Anda bisa langsung memulai pencangkokan pada tanaman apel india.
Baca Juga:  Manfaat Kulit Buah Naga Bisa Atasi Diare pada Burung Puyuh

Mencangkok apel india

Untuk melakukan tahap pencangkokan, sebaiknya Anda memilih waktu yang tepat. Sebab, jika Anda mencangkok di musim hujan, dikhawatirkan media akan mengalami kebusukan sehingga pertumbuhan tidak akan bisa berjalan dengan baik. Sebaliknya, jika dilakukan pada musim kemarau dan tidak disiram dengan rutin, dikhawatirkan media akan kering dan cangkok mengalami kegagalan.

Pilih bagian cabang tanaman yang akan dicangkok. Cabang yang dipilih haruslah cabang yang tidak terlalu muda dan juga tidak terlalu tua. Posisi cabang juga harus agak jauh dari permukaan tanah. Anda bisa melihat warna cabang untuk memilih cabang yang sesuai sebagai kriteria yang cocok dicangkok. Warna cabang sebaiknya berwarna hijau segar, bukan hijau muda atau hijau tua.

Kemudian, kerat bagian cabang yang dipilih dengan ukuran 3—5 cm menggunakan pisau yang tajam. Kerat hingga kulit luarnya terkelupas dan tersisa bagian kayunya saja. Untuk menghilangkan getah pada cabang sesudah dikerat, biarkan hingga getah mengering. Sebab, getah ini nantinya yang bisa membuat cangkokan menjadi sulit mengeluarkan akar.

Setelah getah mongering, taburkan atau oleskan oleskan rooton ke bagian yang dikerat. Kemudian letakkan media di sekitar keratan, tutupi hingga keratan seluruhnya tertutupi dengan media. Setelah itu, tutup menggunakan plastik transparan yang telah dibolongi. Selanjutnya, tali kedua sisinya dan tali pada bagian tengahnya. Tali dengan kencang dan jangan sampai ada bagian yang terbuka.

Loading...
Loading...