Cara Paling Ampuh Atasi Lovebird Turun Tangkringan


Pertanianku — Mungkin Anda pernah dibuat pusing dengan kelakukan unik/aneh lovebird kesayangan Anda, yaitu lovebird ngeruji terus-menerus, lovebird turun tangkringan, atau lovebird gesek tangkringan (gestang). Apabila kelakuan tersebut terjadi saat lovebird diikutsertakan dalam lomba, tentu akan dapat mengurangi poin penilaian dari sang juri.

lovebird turun tangkringan
Foto: Pixabay

Lalu, bagaimana cara mengatasi atau membuat lovebird agar anteng di tangkringan saat ngekek? Anda tidak perlu panik karena berikut ini akan dijelaskan beberapa penyebab serta tips paling ampuh untuk mengatasi lovebird turun tangkringan.

  1. Lovebird overbirahi (OB)

Lovebird yang mengalami overbirahi biasanya terlihat gelisah, apalagi saat melihat lovebird lainnya. Bahkan, lovebird terkadang sering ngekek sambil ngeruji, sering gesek tangkringan, dan sering naik turun tangkringan.

Jika terjadi demikian pada lovebird kesayangan Anda, coba hentikan sementara pemberian extra fooding (EF), lalu mandikan secara rutin tiap pagi dan sore, agar birahinya stabil.

  1. Lovebird takut orang

Burung lovebird yang tidak jinak atau takut saat melihat orang juga bisa menjadi salah satu penyebab yang membuatnya tidak anteng di tangkringan. Jadi, sebaiknya latih lovebird peliharaan Anda agar menjadi jinak atau tidak takut orang, agar saat lovebird diikutkan dalam kontes bisa lebih tenang (anteng).

  1. Tangkringan lovebird tidak nyaman

Mungkin masalah ini juga sering Anda alami, yaitu tangkringan yang Anda sediakan tidak nyaman sehingga membuat lovebird sering turun tangkringan. Jika itu masalahnya, Anda bisa mengakalinya atau menggantinya dengan tangkringan yang lebih nyaman. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk membuat lovebird anteng di tangkringan seperti berikut ini.

– Memerhatikan bahan tangkringan

Ada beberapa macam bahan tangkringan yang biasa digunakan oleh para pecinta lovebird di antaranya tangkringan amplas, tangkringan kayu asam, tangkringan dari plastik, tangkringan pasir, tangkringan cetak, dan lainnya. Pilihlah bahan tangkringan yang terlihat nyaman saat digunakan karena bahan tangkringan juga memengaruhi kenyamanan lovebird.

Baca Juga:  Burung Tukan Toco, Pendatang Baru dari Amerika Selatan yang Menawan

– Memilih ukuran tangkringan

Ukuran tangkringan juga bisa memengaruhi kenyamanan lovebird. Jadi, sediakan tangkringan dengan ukuran yang pas, yaitu tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

– Mengatur posisi tangkringan

Anda juga harus memerhatikan posisi tangkringan karena posisi tangkringan juga dapat memengaruhi lovebird merasa nyaman atau tidak. Untuk posisi tangkringan yang umum digunakan, yaitu posisinya menyilang, atau bisa juga dengan memasang dua tangkringan sejajar. Tujuannya, adalah agar lovebird tidak turun tangkringan karena telah disediakan tangkringan yang berdekatan.