Cara Paling Benar Setek Bunga Mawar


Pertanianku — Apakah Anda sedang mencari informasi bagaimana cara setek bunga mawar yang baik dan benar? Aroma wangi yang dimiliki bunga mawar memang semerbak sehingga banyak yang ingin menanamnya. Selain ditanam langsung di tanah, tanaman mawar juga bisa dipelihara dengan menggunakan pot dan polibag.

setek bunga mawar
Foto: Unsplash

Nah, karena batang yang berkayu, bunga mawar bisa diperbanyak menggunakan teknik setek. Setek adalah teknik perkembangbiakan tanaman secara vegetatif/buatan yang dilakukan dengan memotong beberapa bagian tanaman seperti batang, tangkai, atau daun. Setelah dipotong dari tanaman indukan, bagian tanaman tadi lantas ditanamkan pada media tanam dengan cara menancapkannya.

Pada dasarnya, cara menyetek bunga mawar itu sangatlah mudah. Siapa pun bisa melakukannya. Untuk itu, berikut ini akan dibahas langkah-langkah mudahnya. Yuk, simak!

Pertama-tama, siapkan alat dan bahan seperti tanaman mawar dewasa, cutter, tanah, pot, dan pecahan genteng. Setelah alat dan bahan lengkap, pilih tangkai bunga mawar yang sudah cukup tua, kondisinya sehat, dan memiliki bentuk yang lurus. Semakin besar diameter tangkai yang dipilih biasanya semakin tinggi pula harapan hidup tangkai tersebut.

Potong tangkai tanaman mawar tadi kurang lebih berukuran 4—6 cm memakai cutter. Pastikan cutter yang dipakai cukup tajam agar hasil potongannya rapi dan tidak berserabut.

Siapkan pot sebagai media pemeliharaan tanaman. Masukkan pecahan genteng secukupnya, lalu tambahkan tanah sampai memenuhi volume pot. Tanah yang bagus memiliki tekstur yang gembur dan berwarna kehitam-hitaman. Dalam masa awal ini, hindari penggunaan pupuk terlebih dahulu karena dapat menghambat pertumbuhan akar tanaman hasil setek.

Tanamkan batang bibit setek bunga mawar dengan menancapkannya ke dalam tanah. Setelah itu, siram tanaman tersebut secukupnya untuk melembapkan media tanam. Pindahkan pot tadi ke tempat yang sejuk serta terhindar dari sinar matahari dan air hujan secara langsung.

Baca Juga:  Khasiat Bunga Pukul Delapan Sangat Baik untuk Kesehatan

Perhatikan pertumbuhan setek tanaman bunga mawar. Jika setek tersebut sudah mampu menghasilkan tunas yang baru, artinya tanaman sudah tumbuh dengan baik. Selanjutnya, Anda bisa memindahkan pot ke lingkungan yang terbuka. Usahakan tumbuhan mawar tersebut bisa mendapatkan cahaya matahari agar rajin berbunga.