Cara Paling Mudah Menanam Blueberry dari Biji


Pertanianku — Meskipun termasuk tanaman impor, buah blueberry ternyata memiliki jumlah penggemar yang lumayan banyak di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan ada banyak sekali manfaat yang terkandung di dalam buah berry berwarna biru ini. Lalu, apakah Anda bertanya-tanya bagaimana cara menanam blueberry dari biji?

menanam blueberry dari biji
Foto: Shutterstock

Berikut ini langkah-langkah menanam blueberry dari biji.

Alat dan bahan

  • Benih blueberry
  • Polibag
  • Tanah
  • Pupuk kandang
  • Pasir
  • Sekam padi

Langkah-langkah

  1. Buatlah media tanam yang terdiri atas tanah, pupuk kandang/kompos, pasir, dan sekam padi. Campurkan bahan-bahan tersebut sampai terbentuk media tanam yang subur dan bersifat porous. Perbandingan komposisinya dapat disesuaikan dengan karakteristik bahan yang digunakan. Sebisa mungkin hindari penggunaan tanah liat karena dapat menahan air.
  2. Media tanam yang telah jadi lantas diisikan ke dalam polibag sampai penuh. Pakailah polibag khusus untuk keperluan pembibitan yang berukuran 10 × 10 cm atau 15 × 15 cm. Setiap polibag cukup ditanami sebutir benih blueberry. Pastikan posisi penanaman biji blueberry sudah benar yakni bagian yang lancip menghadap ke atas. Benamkan biji ini ke dalam tanah dengan kedalaman 1—3 cm.
  3. Polibag-polibag yang telah ditanami benih blueberry lantas dipindahkan ke lahan pembibitan. Lahan ini wajib ditutupi oleh naungan berupa selembar kain atau plastik terpal yang dibentangkan untuk melindungi benih dari sengatan terik matahari secara langsung. Jika Anda tidak mempunyai lahan yang cukup luas, polibag-polibag tersebut bisa diletakkan di teras rumah.
  4. Selama proses pembibitan berlangsung, perawatan wajib dilakukan secara intens. Lakukan penyiraman dengan air setiap kali kondisi media tanam agak mengering. Cabutilah rumput-rumput liar yang tumbuh di dalam polibag agar tidak mengganggu pertumbuhan benih blueberry. Kalau Anda mempunyai waktu luang yang cukup banyak, bukalah naungan pada pagi hari, lalu tutup kembali setelah jam 9 pagi.
  5. Benih blueberry yang ditanam di polibag akan tumbuh menjadi bibit. Bibit blueberry yang tingginya sudah mencapai 20—30 cm bisa dipindahtanamkan ke tanah. Buatlah lubang penanaman terlebih dahulu dengan kedalaman 20—25 cm. Kemudian masukkan pupuk kompos ke dalamnya dan biarkan selama 7—14 hari agar kondisinya normal kembali. Kalau bisa jangan langsung menanamkan bibit blueberry ke lubang tersebut.
  6. Setelah masa tunggu terlewati, Anda bisa memindahtanamkan bibit tanaman blueberry dari polibag ke tanah. Proses pemindahan ada baiknya dilaksanakan pada pagi hari atau sore hari ketika matahari tidak bersinar terlalu terik. Robeklah polibag yang membungkus media tanam terlebih dahulu. Selanjutnya, tanamkan bibit blueberry sekaligus media tanamnya ke lubang penanaman. Lalu timbun kembali menggunakan tanah di sekitarnya.
Baca Juga:  Ingin Budidaya Gambas Secara Organik? Begini Caranya