Cara Paling Sederhana Bertanam Vertikultur Paralon


Pertanianku Bertanam vertikultur paralon merupakan salah satu teknik dalam budidaya pertanian yang sedang hits dan tren di kalangan masyarakat. Terutama masyarakat yang berada pada daerah perkotaan dan hunian padat penduduk. Di mana mereka relatif tidak memiliki lahan yang luas serta juga ruangan terbuka yang memadai.

Bertanam vertikultur paralon
Foto: Dok. Pertanianku

Jenis tanaman yang cocok untuk cara bertanam ini, yaitu dari jenis sayuran hijau dan tanaman yang memiliki batang berkayu lunak serta perakaran serabut. Bagi Anda yang tertarik dengan metode ini, simaklah ulasan berikut.

Membuat instalasi vertikultur

Ada beberapa hal yang perlu disiapkan seperti pipa paralon bekas dengan ukuran minimal 4—5 inci, gergaji besi media tanam (campuran tanah, kompos dan pupuk kandang), benih tanaman, air bersih, pupuk, dan fungisida.

Setelah alat dan bahan siap, tahapan selanjutnya adalah proses pembuatan instalasi vertikultur. Proses pembuatan instalasi sendiri cukup sederhana. Potong pipa paralon bekas menggunakan gergaji bekas dengan ukuran 1—1,5 meter. Kemudian buat lubang tanam menggunakam kaleng susu bekas yang dipanaskan dan kemudian ditempelkan ke bagian paralon.

Untuk lubang tanam dibuat dan disesuaikan dengan jenis tanaman yang akan ditanam. Misalnya saja untuk tanaman cabai, lubang tanam dibuat tegak karena nantinya paralon akan ditegakkan. Sementara, untuk jenis sayuran dibuat tidur atau horizontal karena nantinya instalasi akan dibuat tidur atau horizontal.

Selanjutnya kemudian bagian dasar lubang paralon ditutup, untuk kemudian media tanam dimasukkan ke paralon. Penutupan ini dilakukam agar media tidak tumpah atau bocor.

Siapkan benih tanaman

Secara umum, kriteria untuk memilih benih berkualitas haruslah memerhatikan tanggal kadaluwarsa yang tertera pada label kemasan. Pilih kemasan benih yang memiliki tanggal kadaluwarsa yang masih jauh. Belilah benih di toko yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.

Baca Juga:  Manfaat Semut Rangrang untuk Manusia

Pilih benih yang sudah tersertifikasi dan memiliki label resmi dari Kementerian Pertanian. Pastikan benih yang dipilih merupakan benih unggul dan memiliki produktivitas yang tinggi. Simpan benih di tempat yang sejuk dan terhindar dari cahaya matahari langsung. Hal ini dimaksudkan untuk tetap menjaga kualitas benih tetap baik dan bagus.

Penanaman

Cara menanam vertikultur paralon cukup mudah, Anda hanya tinggal menanamkan bibit atau benih ke media tanam yang telah diisikan ke dalam paralaon. Namun, sebelumnya harus dibuatkan lubang tanam agar lebih mudah proses penanamannya.

Selain itu, pemilihan waktu tanam yang tepat juga dapat meningkatkan kemampuan tanaman beradaptasi dengan media tanam. Dengan begitu, risiko kematian atau kegagalan benih dan bibit tumbuh dapat diminimalisir. Jika kemudian terdapat benih yang  mengalami kematian atau tidak menunjukkan gejala pertumbuhan, harus segera dilakukan penyulaman agar tanaman nantinya dapat tumbuh seragam.