Cara Paling Sederhana dan Mudah Menanam Bawang Merah di Rumah

Pertanianku — Bawang merah merupakan salah satu bumbu yang selalu ada pada masakan. Selain itu, bawang merah juga dikenal sebagai rempah berkhasiat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Oleh karena itu, menanam bawang merah sendiri di rumah sangat bermanfaat bahkan bisa mengurangi uang belanja Anda.

menanam bawang merah
Foto; Shutterstock

Beberapa manfaat bawang merah antara lain melancarkan pencernaan, mencegah peradangan, memperbaiki kekebalan tubuh, mencegah kanker, dan menyehatkan jantung. Nah, berikut ini kami tampilkan cara menanam bawang merah di rumah.

Alat dan bahan

Loading...
  • Pot
  • Tanah subur
  • Bawang merah yang sudah tua

Cara menanam

Siapkan pot dan tanah subur sebagai media tanamnya. Campurkan sedikit pupuk ke dalam tanah tersebut. Pilihlah bawang yang bagus sebagai bibit. Hindari bawang merah yang sudah memiliki bercak hitam karena bisa mengakibatkan penyakit. Potong bagian ujung bawang merah sedikit saja. Kalau sudah ada daun di bawang merahnya, tidak usah dipotong.

Letakkan beberapa siung bawang merah yang sudah tua tadi ke dalam pot. Bawang merah yang sudah tua memiliki ciri fisik sedikit kering dan terkadang sudah memiliki sedikit daun yang muncul.

Taruh di kedalaman 5—7 cm ke dalam tanah, lalu timbun kembali dengan tanah. Jangan menekan saat menanamnya. Jangan lupa untuk menyiram calon bawang merah setiap pagi dan sore. Hindarkan air menggenang dalam pot.

Bawang merah biasanya bisa dipanen setelah 60—90 hari. Tanda-tanda bawang merah yang sudah bisa dipanen adalah sudah memiliki daun yang layu dan sedikit kering. Nah, kalau menanamnya di pot, biasanya terdapat bawang yang menjulang ke atas.

Bawang merah yang sudah dipanen sebaiknya dijemur 12 selama minggu, agar kandungan airnya berkurang. Dengan begitu, bawang merah menjadi lebih awet saat disimpan.

Baca Juga:  Jenis-jenis Bawang Putih Lokal
Loading...
Loading...