Cara Paling Sehat dan Nikmat Mengolah Brokoli

Pertanianku — Brokoli merupakan salah satu sayuran tinggi serat yang memiliki nutrisi tinggi pula. Akan tetapi, jika salah mengolahnya, kita justru bisa kehilangan nurisi yang baik dalam brokoli. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara mengolah brokoli yang paling sehat namun tetap nikmat saat dikonsumsi.

mengolah brokoli
Foto: Shutterstock

Seperti dikatakan sebelumnya, brokoli adalah sumber serat dan protein yang baik. Selain itu, sayuran yang berwarna hijau ini juga kaya akan zat besi, kalium, kalsium, dan vitamin yang dapat mencegah penyakit kanker.

Dikutip dari Delish, seporsi brokoli setara dengan 31 kalori, hampir tidak mengandung lemak dan rendah karbohidrat. Namun, cara mengolah yang salah kerap kali mengurangi nilai nutrisinya.

Sebenarnya ada cara paling sehat dan direkomendasikan untuk mengolah brokoli, yaitu dengan dikukus. Studi menunjukkan bahwa mengukus sayuran memperkuat potensi penurun kolesterolnya. Berikut ini cara mengukus brokoli agar kandungan nutrisi tidak hilang.

Bahan

  • 2 porsi brokoli, potong seukuran satu gigitan.
  • Garam secukupnya
  • Lada hitam tumbuk
  • Bubuk cabe kering
  • Minyak zaitun

Cara mengolah

  1. Rebus air menggunakan kukusan dengan api sedang hingga mendidih.
  2. Tambahkan brokoli dan tutup. Kukus hingga lunak selama sekitar 5 menit.
  3. Angkat brokoli kukus dari wajan menggunakan sendok berlubang, dan bumbui dengan garam, merica, dan serpihan bubuk cabe.
  4. Tuangkan minyak zaitun sebelum disajikan.
Baca Juga:  Racun Laba-laba Mematikan Penyelamat Nyawa Penderita Stroke
Loading...