Cara Paling Tepat Membuat Tanaman Cepat Berbuah


Pertanianku — Anda mungkin pernah bertanya-tanya apakah bisa tanaman menghasilkan buah di luar musimnya sehingga Anda tidak perlu menunggu waktu terlalu lama. Lantas, adakah cara untuk membuat tanaman cepat berbuah?

membuat tanaman cepat berbuah
Foto: Pixabay

Tahukah Anda, semua jenis tanaman bisa dipaksa untuk berbuah di luar musimnya. Ada tanaman yang mudah dipaksa menghasilkan buah sepanjang tahun. Ada pula tanaman yang cukup sulit. Contoh, tumbuh-tumbuhan yang paling gampang dipaksa untuk berbuah antara lain belimbing, jambu biji, jeruk nipis, jeruk limau, dan lemon.

Ada baiknya sebelum Anda memaksa tanaman untuk menghasilkan buah sesegera mungkin, lakukan pemeriksaan kesehatan tanaman tersebut terlebih dahulu. Pastikan Anda sudah tepat dalam merawat tanaman itu. Terutama soal pemupukan, pemberian dan dosisnya harus dilaksanakan dengan benar sesuai dengan jenis dan umurnya.

  1. Belimbing

Pohon belimbing yang berusia 0—1 tahun perlu diberikan pupuk organik berupa pupuk kandang atau pupuk kompos sebanyak 15 liter setiap 2 bulan. Kemudian pada umur 1—2 tahun, berikan pupuk organik sebanyak 20 liter yang ditambah dengan pupuk NPK sebanyak 300 gram setiap 2 bulan sekali.

Setelah memasuki rentang usia 3—4 tahun, pohon belimbing tersebut dapat diberikan pupuk organik sebanyak 40 liter dan NPK sebanyak 500 gram setiap 6 bulan.

  1. Jambu biji

Pemupukan pada pohon jambu biji yang berumur 1 bulan dapat diberikan NPK sebanyak 100 gram/bulan. Setelah tanaman berusia antara 2—5 bulan, tambahkan dosis pemberian NPK menjadi 150 gram/bulan. Lalu, pada usia sekitar 6—12 bulan, proses pemupukan menggunakan NPK sebanyak 150 gram yang ditambah dengan pupuk organik 20 liter.

Berikutnya, lakukan pemupukan terhadap jambu biji yang berumur 1—2 tahun menggunakan NPK 100 gram setiap 4 bulan sekali serta pupuk organik 40 liter setiap bulan sekali. Setelah itu, pohon yang telah memiliki usia 2—3 tahun dapat diberikan pupuk NPK 125 gram/bulan serta pupuk organik 60 liter/6 bulan.

  1. Jeruk kecil (jeruk nipis, jeruk limau, dan lemon)
Baca Juga:  Upaya Mengembalikan Kejayaan Pala Asli Kepulauan Banda

Tanaman jeruk kecil yang masih berusia 0—1 tahun bisa dipupuk memakai urea 5 gram dan KCI 5 gram setiap bulan. Anda juga bisa menambahkan pupuk organik sebanyak 40 liter pada bulan keenam untuk memicu pertumbuhan tanaman. Kemudian pada kisaran umur 1—3 tahun, berikan pupuk urea 50 gram, TSP 50 gram, dan KCI 75 gram setiap 4 bulan sekali.

Tambahkan pupuk organik sebanyak 80 liter untuk mempercepat pertumbuhannya. Selanjutnya, pada usia 3—4 tahun, pemberian pupuk semakin diintensifkan menjadi urea 75 gram, TSP 75 gram, dan KCI 100 gram yang dikerjakan per 3 bulan. Berikan pula pupuk organik sebanyak 120 liter agar pertumbuhan tanaman semakin membaik.