Cara Paling Tepat Merawat DOC Ayam Broiler

Pertanianku — Jika Anda akan menggeluti usaha peternakan, disarankan untuk memilih DOC (day old chick) ayam yang berkualitas tinggi. DOC ayam yang berkualitas tinggi akan memiliki kemampuan bertahan hidup yang tinggi, mentalnya pun lebih sehat. Selain itu, merawat DOC ayam broiler yang akan Anda ternakkan juga menjadi penentu suksesnya usaha yang akan Anda geluti itu. Berikut ini cara merawat DOC ayam broiler yang harus Anda perhatikan.

merawat DOC ayam broiler
Foto: Pixabay

Larutan gula merah

Anda bisa memberikan larutan gula merah untuk membuat DOC menjadi berenergi. Kandungan glukosa pada gula merah bisa membuat ayam tidak lemas dan menjadi berenergi terutama setelah menempuh perjalanan yang jauh.

Loading...

Kandang yang tertutup

Kandang DOC ayam yang ideal adalah yang tertutup dan tidak membuat angin terlalu besar masuk ke kandang. Sebab, DOC belum bisa beradaptasi dengan angin yang terlalu kencang. Oleh karena itu, beberapa sisi kandang harus benar-benar tertutup. Berbeda dengan kandang ayam dewasa yang semakin lancar udara yang keluar masuk akan semakin bagus.

Lampu

Anda harus menjamin keamanan DOC dengan memasang lampu. Lampu ini berguna untuk menghindarkan DOC dari berbagai macam serangan hewan yang lainnya seperti tikus atau kucing. Selain bisa membuat tubuh DOC semakin hangat, bohlam juga bermanfaat untuk membantu penglihatan DOC di saat malam hari karena ayam rabun senja.

Brooder

DOC ayam membutuhkan penghangat. Aturlah suhu brooder dengan tepat jangan terlalu dingin dan jangan terlalu panas. Brooder ini sangat diperlukan di saat musim penghujan terutama di saat udara sedang ekstrem. Tanpa brooder ini DOC akan merasakan kedinginan dan daya tahan tubuhnya menjadi lemah.

Pakan yang bernutrisi

Cara merawat DOC ayam jenis broiler selanjutnya adalah dengan memberikan pakan yang bernutrisi. DOC ayam tidak bisa memakan pakan yang kasar sehingga sangat penting bagi Anda untuk memberikan DOC tersebut pakan jenis bubuk. Letakkanlah pakan tersebut di nampan plastik agar DOC bisa menceker pakan tersebut.

Baca Juga:  Langkah-langkah Budidaya Belalang Konsumsi

Vaksin

Vaksin adalah salah satu hal penting dalam perawatan DOC ayam. Alasannya, tanpa vaksin DOC akan mudah terkena berbagai macam penyakit. Untuk ayam broiler yang masih DOC, vaksin akan diberikan dalam bentuk tetes mata bukan suntik. Jangan lupa juga untuk memberikan vitamin secara berkala untuk membuat daya tahan tubuh ayam tersebut menjadi lebih stabil.

Loading...
Loading...