Cara Panen Akuaponik yang Tepat

Pertanianku — Kelebihan akuaponik memang terletak pada produk yang dipanen dapat berupa dua jenis komoditas pangan, yaitu sayuran dan ikan. Misalnya saja, Anda dapat memanen kangkung bersamaan dengan ikan lele. Namun, seperti proses budidaya pada umumnya, memanen sayuran dan ikan akuaponik juga harus memerhatikan beberapa hal. Perhatikan penjelasan berikut ini. berikut cara panen akuaponik yang tepat

cara panen akuaponik
foto: pixabay

Waktu panen

Setiap jenis sayuran memiliki waktu panen yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting untuk memerhatikan jenis sayuran yang akan ditanam. Jika sayuran dipanen saat sudah berumur tua, sayuran sudah tidak enak untuk dikonsumsi karena sayuran akan menjadi keras. Namun, jika tanaman dipanen saat masih muda, ukuran sayuran akan lebih kecil karena pertumbuhannya belum maksimal.

Loading...

Panen akan lebih baik jika dilakukan pada pagi hari saat kondisi sayuran masih segar. Perkiraan panen jenis sayuran yang umumnya digunakan dalam akuaponik sebagai berikut.

  • Caisin 12 hari
  • Bayam hijau 14 hari
  • Kangkung 14 hari
  • Pakcoy green 19 hari

Cara panen

Untuk memulai cara panen Akuaponik dapat Anda lakukan dengan cara mencabut sayuran dari netpot, lalu letakkan netpot pada bak. Selanjutnya, letakkan sayuran pada keranjang dengan posisi vertikal. Pastikan sayuran tidak ditumpuk secara padat agar kondisi fisik sayuran tidak ada yang patah akibat tertekan.

Setelah sayuran terkumpul, sayuran disortir untuk dipisahkan dari sayuran yang rusak dan beberapa kotoran yang menempel pada sayuran. Jika sayuran akan dijual ke pasar, rockwool dan akar sebaiknya tidak dicabut. Hal itu bertujuan sebagai identitas bahwa tanaman ditanam secara hidroponik.

Panen ikan

Tentunya panen ikan akan membutuhkan waktu yang lebih lama daripada panen sayuran. Panen ikan baru dapat diakukan setelah melakukan panen sayuran beberapa kali. Ikan yang dapat dipanen dapat terlihat dari bobot yang optimal dan memiliki kondisi fisik yang sehat. Untuk lele, biasanya akan dipanen saat sudah berbobot 7—8 ekor per kg, ikan nila 4 ekor per kg, dan ikan patin 2 ekor per kg.

Baca Juga:  Ragam Media Tanam Hidroponik yang Mudah Didapatkan

Cara memanen yang dilakukan untuk seluruh ikan yang ada di dalam kolam dapat dilakukan dengan cara pengosongan air pada bak. Namun, jika hanya sebagian tidak perlu dilakukan pengosongan air. Panen harus dilakukan hati-hati, agar ikan yang dipanen akan tetap hidup.

 

 

Loading...
Loading...