Cara Panen Cacing Sutera yang Dibudidayakan dengan Nampan

Pertanianku — Manajemen panen cacing sutera berbeda-beda, bergantung pada wadah budidaya yang digunakan. Jika Anda menginginkan panen dengan omzet hingga Rp5 juta/bulan, Anda harus membudidayakan cacing sutera sebanyak 810 unit nampan yang dibagi menjadi 15 rangkaian rak yang disusun secara horizontal sebanyak 9 rak dan vertikal sebanyak 6 rak.

panen cacing sutera
foto: pertanianku

Panen perdana cacing sutera yang dibudidayakan dengan nampan membutuhkan waktu sekitar 3—4 minggu jika jumlah tebar dalam satu nampan sebanyak 30—40 ml. Selanjutnya, cacing sutera dapat dipanen berturut-turut setiap minggunya.

Pada budidaya sistem ini, peternak sebaiknya memanen cacing sutera setiap hari pada tiga rangkaian rak yang paling banyak koloninya pada setiap nampan yang digunakan. Satu rangkaian rak terdiri atas 54 nampan. Oleh karena itu, pada awal panen dapat dipanen sebanyak 25 nampan. Pada periode panen selanjutnya dapat dipanen koloni yang tersisa di nampan lainnya.

Jika diasumsikan dari satu nampan dapat dipanen minimal 100 ml, dari 25 nampan dapat dipanen sebanyak 2,5 liter. Pada hari berikutnya, panen dilanjutkan dengan memanen tiga rangkaian rak lainnya. Jadi, pola panen yang digunakan berupa tiga rak per hari. Dengan begitu, pada hari ke-6 akan kembali ke rangkaian rak awal.

Pembudidaya dapat memanen cacing sutera berdasarkan jumlah koloni cacing di setiap nampannya untuk memudahkan pengambilan.

Jika diasumsikan satu liter cacing sutera seharga Rp25.000, dalam satu hari dapat menghasilkan 2,5 liter per satu rak. Dengan begitu, keuntungan yang didapat sebesar Rp187.500. Jika dikalkulasikan dalam sebulan, keuntungannya mencapai Rp5.625.000. Semakin banyak rak yang dimiliki, akan semakin banyak pula keuntungan yang dihasilkan.

Penemu sistem beternak cacing sutera dengan nampan ialah Agus Triyoso. Agus menyampaikan bahwa produksi cacing yang dihasilkan dari sistem ciptaannya sebesar 2,5 liter per hari pada setiap rangkai rak.

Baca Juga:  Keong Mas, Sumber Protein Ternak yang Mudah Didapatkan

Setiap rak terdiri atas 54 nampan, dengan kapasitas awal minimal 25 nampan. Pada periode selanjutnya cacing bisa dipanen sebanyak 25—29 nampan. Jika ditotal, pada hari perdana panen, Agus melakukan panen pada tiga rak yang mampu mengumpulkan hingga 7,5 liter cacing sutera.

 

 


loading...