Cara Panen Ikan Nila yang Mudah Dilakukan

Pertanianku — Ikan nila merupakan ikan air tawar yang memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dibanding jenis ikan air tawar lainnya. Oleh karena itu, ikan ini sering kali dibudidayakan sendiri di rumah. Hari panen ikan nila menjadi waktu yang ditunggu-tunggu karena sudah berhasil melakukan perawatan ikan dengan benar. Cara panen ikan nila harus dilakukan dengan benar agar ikan yang didapatkan berkualitas.

cara panen ikan nila
foto: pertanianku

Berikut ini beberapa langkah yang harus Anda lakukan saat hari panen ikan nila tiba agar ikan yang dihasilkan tetap terjaga kualitasnya.

Teknik panen

Loading...

Ikan nila yang sudah siap dipanen setidaknya sudah berukuran 500 gram. Panen ikan dilakukan dalam keadaan hidup agar kualitas daging tidak menurun. Oleh karena itu, diperlukan penanganan yang tepat agar ikan tidak mati.

Cara panen ikan nila biasnaya dilakukan sekaligus seluruh ikan di dalam kolam. Jika panen dilakukan secara bertahap, justru akan menyebabkan risiko kematian ikan menjadi tinggi akibat tindakan panen. Oleh karena itu, Anda harus memastikan seluruh ikan nila tumbuh dengan pertumbuhan yang seragam agar saat dipanen semua ikan sudah siap.

Waktu panen

Panen lebih baik dipanen pada pagi atau sore hari pada saat cuaca tidak panas. Hal ini berguna untuk mengurangi ikan stres akibat suhu tinggi. Sebaiknya, berikan pelindung pada lokasi panen agar sinar matahari tidak langsung mengenai kolam. Waktu terbaik untuk melakukan panen adalah sore hari karena udara cenderung lebih rendah. Sementara itu, panen yang dilakukan pada pagi hari harus dilakukan dengan cepat.

Persiapan panen

Sebelum melakukan panen, Anda harus menyiapkan peralatan yang dapat menunjang keberhasilan panen. Peralatan yang harus disiapkan adalah kantong plastik dan air bersih jika ikan masih akan didistribusikan. Jika ikan akan langsung dikonsumsi, cukup sediakan wadah. Sehari sebelum panen, ikan dipuasakan terlebih dahulu agar tidak stres selama proses panen dan distribusi.

Baca Juga:  Tips Membuat Kolam Ikan Konsumsi di Pekarangan

Cara panen dan packing

Kuras semua air di dalam kolam, lalu ambil semua ikan. Jika panen dilakukan pada KJA (keramba jaring apung), giring ikan ke salah satu tepi jaring dan pindahkan ikan ke wadah yang sudah berisi air yang diberi obat antistres.

Loading...
Loading...