Cara Panen Sayuran Daun Hidroponik yang Tepat

Pertanianku — Teknik panen pada sistem hidroponik berbeda-beda, bergantung pada jenis sayuran yang dipilih. Cara panen sayuran daun ada dua, yakni dicabut dan dipotong batangnya. Cara-cara tersebut akan menyesuaikan jenis sayuran yang digunakan. Sayuran daun umumnya dipanen lebih cepat daripada sayuran buah.

cara panen sayuran
foto: pertanianku

Waktu panen sayur daun pun berbeda-beda, seperti bayam saat 25 hari setelah tanam (HST), kangkung 28 HST, selada 40—60 HST, sawi 40—60 HST, pakchoy 40—60 HST, kailan 40—70 HST. Adapun jenis sayuran lainnya adalah kembang kol 75 HST, cabai 60 HST, tomat 63 HST, mentimun 60—70 HST, dan stroberi 120 HST.

Sayuran daun sebaiknya dipanen pada umur yang tepat, jangan dipanen pada saat sudah tua karena batang daun akan menjadi keras dan cita rasanya menjadi kurang lezat. Begitupun ketika dipanen saat masih muda, sayur masih terlalu kecil. Panen sayuran sebaiknya dilakukan pada pagi hari dengan beberapa cara panen sayuran daun hidroponik seperti di bawah ini.

Loading...

Panen sayuran daun hidroponik dengan dicabut

Sayuran yang dipanen dengan dicabut adalah bayam, kangkung, selada, sawi, dan pakchoy. Sayuran akan dipanen dengan cara dicabut akarnya. Setelah sayuran dipanen, sayuran dikumpulkan dalam keranjang.

Setelah itu, sayuran dicuci bagian akarnya hingga bersih dari media tanam seperti tanah, arang sekam, atau cocopeat. Namun, jika sayur ditanam menggunakan rockwoll, akarnya tidak perlu dicuci.

Ketika akar sudah dicuci, tiriskan sebentar hingga di­-grading­ dan disortasi. Selanjutnya, sayuran sudah bisa dikemas dengan plastik dan tanaman sudah siap untuk dijual.

Panen sayuran daun hidroponik dengan memotong batang tanaman

Ada beberapa sayuran yang harus dipanen dengan cara dipotong batangnya dengan gunting atau alat tajam lainnya. Sisa tanaman akan dibiarkan dalam media tanam karena akan tumbuh kembali dan dapat dipanen hingga 3—4 kali. Setelah sudah dipanen maksimal, tanaman baru dipanen dengan cara dicabut akarnya dan digantikan dengan bibit yang baru,

Baca Juga:  Jarak Tanam Pohon Cabai yang Direkomendasikan

Sayuran yang bisa dipanen dengan cara ini adalah kangkung, seledri, dan daun mint. Sayuran yang sudah dipanen dapat langsung di-grading­ dan disortir, lalu siap dikemas dan dipasarkan.

Loading...
Loading...