Cara Pemberian Pakan Arwana yang Tepat

Pertanianku – Pemberian pakan yang tepat akan memacu pertumbuhan arwana dan dapat membuatnya tampil prima. Oleh sebab itu, terdapat beberapa kiat seputar pemilihan pakan dan cara pemberiannya.

Cara pemberian pakan Arwana yang Tepat

A. Variasikan jenis pakan

Dalam pemberian pakan, usahakan jenis pakan yang diberikan bervariasi. Hal ini bertujuan agar bila satu jenis pakan sulit didapatkan maka jenis pakan lainnya bisa diberikan sebagai alternatif. Arwana pun tidak lagi harus beradaptasi dengan pakan barunya.

Satu hal remeh yang perlu juga dipertimbangkan yaitu mintalah informasi jenis pakan yang diberikan oleh penangkar atau penjual arwana tempat arwana tersebut dibeli. Usahakan untuk mendapatkan pakan tersebut dalam jumlah cukup sampai arwana bisa diadaptasikan dengan jenis-jenis pakan yang baru.

B. Sesuaikan ukuran pakan dengan lebar bukaan mulut ikan

Umur arwana yang dibeli dari penangkar bisa saja beragam. Bukaan mulutnya pun berbeda-beda antara arwana muda dan arwana dewasa. Oleh sebab itu, sesuaikan ukuran pakan dengan bukaan mulut ikan. Jangan sampai pakan yang diberikan terlalu besar sehingga ikan menjadi kelelahan untuk menelan pakannya tersebut.

C. Bersihkan pakan sebelum diberikan

Pakan yang terkontaminasi bibit penyakit seperti jamur dan bakteri bisa memperburuk kesehatan ikan. Oleh sebab itu, agar kesehatan terjamin, sebaiknya pakan dibersihkan terlebih dahulu.

Ikan kecil dan anak katak untuk pakan arwana sebaiknya dicucidan direndam dalam larutankalium permanganat (KMnO4) dengan dosis 0,25 g/l air selama 30—60 menit.

D. Berikan pakan dengan teratur

Agar arwana selalu tampil prima, berikan pakan tiga kali dalam sehari, yaitu pada pagi, siang, dan sore hari.

1) Pada pagi hari, berikan pakan pada pukul 07.00—08.00. Pada saat ini, berikan pakan berupa serangga, misalnya jangkrik sebanyak 2—3 ekor. Berikan jangkrik satu per satu setelah pakan sebelumnya habis.

Baca Juga:  Langkah Mudah Mengatasi Ikan Arwana yang Stres

2) Pada siang hari, berikan pakan pada pukul 11.00—12.00. Pakan bisa berupa anak katak sebanyak 1—2 ekor atau jangkrik sebanyak 3—4 ekor. Selanjutnya, berikan kembali pakan pada pukul 14.00.

3) Pada sore hari, pakan bisa diberikan pada pukul 17.00—18.00 berupa jangkrik atau belalang secukupnya. Berikan satu per satu sampai arwana tidak mau lagi menyantapnya.

 

Sumber: Buku Arwana

 


loading...