Cara Pemberian Pakan Patin

Pertanianku – Cara pemberian pakan ditaburkan secara merata di setiap sisi kolam agar setiap ikan memiliki peluang mendapatkan jatah yang sama. Pemberian pakan jangan dilakukan sekaligus dalam satu waktu. Awalnya, pakan ditebarkan separuh dosis. Jika masih agresif, pakan dapat ditambahkan sampai patin malas menyambut pakan.

Cara Pemberian Pakan Patin

Setiap pergantian jenis atau ukuran pakan yang berbeda dilakukan secara bertahap. Caranya adalah pakan lama dengan pakan pengganti dicampur. Tujuannya agar ikan dapat beradaptasi terhadap pakan dengan jenis atau ukuran yang berbeda. Adaptasi setiap pergantian ukuran pakan bisa berlangsung lebih lama jika tingkat keragaman ukuran ikan di dalam wadah pemeliharaan besar.

Loading...

Ukuran pakan ditetapkan denganmempertimbangkan ukuran tubuh dan bukaan mulut ikan. Semakin besar  ukuran tubuh ikan dan bukaan mulut ikan, semakin besar ukuran pakan. Untuk mengurangi pertumbuhan yang berbeda akibat ukuran ikan patin yang tidak seragam, pakan yang memiliki ukuran dankandungan protein berbeda dicampur, lalu diberikan bersamaan. Dengan cara tersebut, diharapkan pertumbuhan ikan bisa seragam.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Agribisnis Patin

Baca Juga:  Pakan Ikan Bawal yang Bagus
Loading...
Loading...