Cara Pemberian Pupuk Susulan pada Pohon Cabai

Pertanianku — Pupuk tidak hanya cukup diberikan pada awal penanaman atau biasa disebut pupuk dasar, pupuk tambahan juga harus diberikan secara berkala selama masa penanaman untuk menyuplai kebutuhan hara tanaman. Pupuk susulan atau tambahan harus diberikan dalam dosis serta waktu yang tepat. Pemberiannya pun harus dilakukan secara rutin agar pohon rajin berbuah. Berikut ini beberapa cara pemberian pupuk susulan pada cabai.

pupuk susulan cabai
foto: pixabay

Pemupukan di lahan

Cabai hibrida yang ditanam dengan menggunakan mulsa biasanya sudah diberikan pupuk secara menyeluruh saat tanah akan dipasang mulsa. Namun, tanaman juga tetap perlu diberikan pupuk susulan cabai agar pohon dapat tumbuh dengan prima. Jenis pupuk yang diberikan pada saat pertumbuhan vegetatif aktif atau pada masa pertumbuhan daun dan tunas adalah pupuk daun yang mengandung nitrogen cukup tinggi, seperti multimicro, complesal cair, dan gandasil D.

Interval penyemprotan pupuk daun dilakukan sebanyak 10—14 hari sekali. Dosis yang digunakan harus sesuai dengan anjuran yang tertera pada kemasan.

Selain pupuk daun, tanaman juga harus diberikan pupuk NPK (15-15-15) dan SP-36 dengan perbandingan 2:1. Dosis yang digunakan sebanyak 7,5—8 gram per tanaman. Selain itu, masih ada beberapa jenis pupuk yang bisa digunakan untuk mendukung proses pertumbuhan tanaman, dalam buku Budidaya Cabai Unggul membahas secara lengkap pupuk apa saja yang harus digunakan untuk membuat tanaman cabai rajin berbuah.

Selanjutnya, pada fase pertumbuhan bunga dan buah, tanaman harus diberikan pupuk daun yang mengandung fosfor dan kalium yang tinggi. Hal tersebut berguna untuk memacu pertumbuhan bunga dan buah.

Pemupukan di pot

Pemberian pupuk pada pohon cabai di pot berbeda dengan pohon cabai yang ditanam di lahan. Pemberian pupuk pada tanaman cabai di pot dilakukan setiap satu minggu sekali dengan dosis rendah. Tujuannya, menghindarkan peluruhan pupuk akibat proses penyiraman dan mengakibatkan tanaman kekurangan unsur hara yang dibutuhkan.

Baca Juga:  Langkah Mudah Budidaya Jamur Merang dalam Ruangan

Untuk merangsang pertumbuhan pada masa vegetatif, Anda bisa menggunakan pupuk yang mengandung nitrogen tinggi. Setelah memasuki masa generatif, pupuk yang digunakan harus mengandung N, P, dan K.

Selain pupuk akar, tanaman cabai di pot juga harus diberikan pupuk daun yang mengandung unsur mikro yang baik sebanyak 10—14 hari sekali dengan dosis rendah atau separuh dosis yang disarankan.

 

 

 


loading...