Cara Pembuatan Probiotik Akuaponik

Pertanianku — Salah satu persiapan yang tidak bisa dilupakan dalam instalasi akuaponik adalah probiotik akuaponik. Probiotik akuaponik berperan mempercepat proses nitrifikasi sehingga berjalan dalam waktu singkat. Fungsi lain dari probiotik pada akuaponik adalah untuk memfermentasikam pakan pelet yang digunakan sehingga mudah dicerna oleh ikan.

probiotik akuaponik
foto: pertanianku

Sebenarnya, probiotik dapat dibeli langsung di toko-toko penyedia peralatan budidaya dan pakan ikan dengan beragam jenis probiotik. Namun, Anda juga dapat membuatnya sendiri menggunakan beberapa bahan herbal yang mudah untuk ditemui. Probiotik dibuat dengan cara memfermentasi bahan herbal.

Fermentasi dalam pembuatan probiotik dilakukan dengan memasukkan semua bahan yang sudah disediakan ke wadah seperti jerigen atau drum yang ditutup rapat. Pada bagian penutup diberikan lubang seukuran selang kecil yang menghubungkan antara wadah fermentasi dan botol yang diisi air mineral bersih. Fungsinya adalah mengeluarkan udara selama proses fermentasi berlangsung.

Loading...

Proses fermentasi yang berhasil ditandai dengan campuran yang sudah tidak mengeluarkan gas dan mengeluarkan aroma harum yang khas. Penggunaan probiotik pada kolam membuat air kolam tidak bau dan daging ikan tidak amis. Selain itu, sayur-sayuran akan semakin segar, hijau, dan tebal.

Probiotik 1

Bahan-bahan:

  • Isi usus 12 jari sapi
  • Molases 1 liter
  • Air kelapa 1 buah
  • Nanas matang 1 buah (diblender)
  • Air isi ulang 8 liter

Cara membuat:

  1. Campurkan seluruh bahan, lalu aduk hingga rata. Tambahkan air isi ulang hingga volume bahan menjadi 10 liter.
  2. Fermentasikan bahan tersebut selama 1—3 bulan dengan cara fermentasi yang sudah disebutkan tadi.
  3. Setelah itu, probiotik sudah jadi dan siap untuk digunakan.

Probiotik 2

Bahan-bahan:

  • Susu fermentasi 3 kemasan
  • Ragi tapai 1 kg
  • Molases 0,5 kg
  • Air isi ulang 9 liter

Cara membuat:

  1. Campurkan susu dengan molases, lalu tambahkan ragi tapai yang sudah dihaluskan. Aduk seluruh bahan hingga rata dan tambahkan air sebanyak 9 liter.
  2. Bahan yang sudah tercampur rata didiamkan untuk difermentasikan selama 14 hari.
Baca Juga:  Manajemen Air Kolam Gurami yang Tepat
Loading...
Loading...