Cara Pemeliharaan Tanaman Bawang Daun


Pertanianku – Setelah tanaman ditanam di lahan maka pekerjaan rutin yang harus dilakukan adalah memelihara tanaman dengan baik hingga masa panen tiba. Beberapa pekerjaan dalam pemeliharaan tanaman yaitu sebagai berikut.

Cara Pemeliharaan Tanaman Bawang Daun

 

  1. Penyiraman

Penyiraman tanaman dilakukan setiap hari, yaitu pagi dan sore hari. Penyiraman pada pagi hari dilakukan sebelum pukul 10.00 dan sore hari setelah pukul 16.00. Penyiraman dilakukan secara merata hingga tanah di sekitar tanaman cukup basah.

  1. Penyiangan, pendangiran, dan pembumbunan

Pekerjaan penyiangan, pendangiran, dan pembumbunan dapat dilakukan sekaligus dengan mencangkul bedengan. Setelah dicangkul, rumput-rumput akan terangkat ke permukaan tanah sehingga mudah diambil. Pencangkulan tersebut juga sekaligus untuk mendangir tanahagar menjadi gembur dan merapikan bedengan yang tanahnya longsor serta menimbun bagian bawah batang agar perakaran tetap kuat.

  1. Pemupukan

Pemupukan tanaman dilakukan tiga minggu setelah tanam. Untuk luas lahan penanaman 100 m2, dosis pupuk urea yang dibutuhkan sebanyak 2 kg. Setelah tanaman berumur 1,5 bulan; dilakukan pemupukan kedua dengan dosis urea 1 kg. Pemupukan di dalam larikan dengan jarak 5 cm dari kiri dan kanan tanaman.

  1. Penanggulangan hama dan penyakit

Hama dan penyakit yang biasa menyerang tanaman bawang daun di antaranya sebagai berikut.

  • Ulat tanah (Agrotis ipsilon)

Ulat ini menyerang bagian pangkal batang tanaman. Serangan ulat tanah menyebabkan tanaman menjadi rebah atau terpotong.

  • Ulat penggerek daun (Spodoptera exygua)

Ulat ini menyerang daun dari bagian pinggir dan bawah daun.

  • Penyakit busuk batang lunak

Penyakit ini menyerang batang tanaman sehingga batang menjadi busuk, basah, dan mengeluarkan bau tidak enak.

Hama tanaman bawang daun dapat ditanggulangi dengan menyemprotkan insektisida yang banyak tersedia di pasaran, dosis 2 ml per liter air untuk 160 tanaman. Sementara itu, untuk luasan 10 m2 dibutuhkan 20 ml insektisida.Penyemprotan dilakukan pada saat tanaman berumur 15 hari dan jika ada gejala serangan. Penyemprotan pada pagi atau sore hari dengan menggunakan hand sprayer.

Baca Juga:  Manfaat Wortel Tak Hanya untuk Mata, Ini Manfaat Lainnya!

Untuk mengatasi penyakit tanaman bawang daun, dilakukan pergiliran tanaman sehingga dapat memutus daur hidup penyakit. Pergiliran tanaman dilakukan dengan tanaman cabai, wortel, selada, dan tanaman sayuran daun lainnya.

 

Sumber: Buku Panen Sayur Secara Rutin di Lahan Sempit

loading...
loading...