Cara Pemeraman Mangga Alpukat dengan Jerami

Pertanianku — Buah mangga alpukat lebih baik dipanen ketika tingkat kemasakannya sudah tepat. Namun, bila menginginkan buah yang lebih cepat masak, Anda bisa melakukan pemeraman. Biasanya, proses pemeraman mangga ini dilakukan sebelum buah dikirim.

pemeraman mangga
foto: Pertanianku

Buah yang akan didistribusikan pada jarak dekat perlu diperam agar buah dapat masak serentak sehingga penjual lebih mudah saat menjualnya. Bila tidak diperam, Anda perlu memilih buah yang sudah matang dipohon dengan melakukan proses seleksi terlebih dahulu. Berbeda dengan buah yang akan dipasarkan ke luar kota atau jarak jauh, buah tidak perlu diperam terlebih dahulu.

Pemeraman mangga dapat dilakukan melalui beberapa cara, mulai dari cara yang paling sederhana dengan daun mangga hingga menggunakan karbit. Pemeraman dengan karbit dapat dilakukan selama 2–3 hari di dalam kardus. Namun, hasil pemeraman cenderung sedikit hambar sehingga kurang disukai konsumen.

Ada juga pemeraman yang dilakukan dengan menumpuknya di tempat panas selama 1–2 hari. Proses pematangan ini juga bisa dilakukan dengan cara membungkus buah dengan kertas tisu. Cara pemeraman ini dinilai dapat menghasilkan warna mangga yang baik.

Anda dapat memilih cara pemeraman sesuai dengan kebutuhan dan kondisi. Teknik pemeraman yang dipilih sebaiknya dapat menunjang kualitas buah sehingga mangga lebih mudah terjual.

Cara pemeraman lain yang perlu Anda ketahui adalah pemeraman dengan jerami. Cara pemeraman ini dapat dilakukan di ruang yang tertutup, tetapi memiliki sistem ventilasi yang baik dan tidak terlalu gelap. Selanjutnya, siapkan jerami, kemudian tebar ke lantai ruangan. Ketebalan jerami yang dibutuhkan sekitar 7,5–10 cm. Setelah itu, taruh buah mangga di atas lapisan jerami.

Lakukan penebaran jerami kembali di atas mangga yang pertama. Penebaran dilakukan hingga ketebalan 5 cm. Setelah itu, berikan satu lapisan mangga lagi. Pembuatan tumpukan mangga dan jerami dapat dibuat sebanyak tiga lapis. Pada lapisan atas, jerami ditutup dengan lapisan yang lebih tebal.

Baca Juga:  Rehabilitasi Tanaman Jambu Mete yang Sudah Tidak Produktif

Proses pemeraman mangga dengan jerami berlangsung selama 3–4 hari. Setelah proses pemeraman selesai, pindahkan mangga ke tempat yang terbuka.