Cara Pemurnian Minyak Kemiri

Pertanianku — Minyak kemiri merupakan salah satu produk yang bisa dihasilkan dari kemiri yang sudah dipanen. Petani biasanya menyuling minyak dengan cara pengepresan biji kemiri untuk mengeluarkan minyaknya. Setelah minyak dihasilkan, Anda masih harus melakukan pemurnian minyak kemiri. Pasalnya, minyak kemiri yang sudah dihasilkan masih bercampur dengan bungkil, serat, dan kotoran lainnya.

pemurnian minyak kemiri
foto: pertanianku

Sebelum dipasarkan, minyak harus dilakukan pemurnian agar dapat bernilai ekonomis karena kualitasnya yang lebih baik. Proses pemurnian minyak kemiri dapat dilakukan seperti berikut ini.

Degumming

Loading...

Tahap ini bertujuan untuk menghilangkan gum (getah) yang dilakukan dengan menambahkan sejumlah air ke dalam minyak kasar hangat, lalu disentrifusi untuk memisahkan getah dari air.

Penyabunan

Tujuan dari tahapan ini adalah untuk menghilangkan asam lemak bebas yang terdapat dalam minyak. Proses ini dilakukan dengan mereaksikan asam lemak bebas dengan basa atau pereaksi lainnya, seperti kaustik soda (NaoH) sehingga membentuk sabun. Sabun yang sudah terbentuk dipisahkan dengan cara sentrifusi sehingga kotoran yang masih tersisa akan terikat oleh sabun.

Pemucatan

Tahapan ini bertujuan mengurangi intensitas warna minyak menjadi lebih bening. Tahapan ini dilakukan dengan mencampurkan sedikit adsorben ke dalam minyak pada suhu di bawah 130°C, lalu disaring. Adsorben tersebut berupa tanah serap, lempung aktif, atau arang aktif.

Deodorasi

Tahapan ini berfungsi menghilangkan bau pada minyak. Deodorasi dilakukan dengan memanaskan minyak pada suhu 200—250°C dan dialiri uap panas pada tekanan udara rendah (kurang dari 20 mm Hg). Proses tersebut berfungsi untuk mengikat bau yang tidak sedap dari minyak. Proses akan berlangsung selama 90—180 menit.

Jika masih terdapat uap pada minyak yang habis melalui proses deodorasi, minyak tersebut harus divakum pada tekanan yang lebih rendah untuk menyempurnakan proses deodorisasi. Setelah itu, minyak harus segera didinginkan.

Baca Juga:  Cara Menyimpan Sayuran dalam Kulkas dengan Benar

Pengemasan

Minyak kemiri yang sudah murni harus selalu dijaga agar tidak mengalami kerusakan. Anda harus memerhatikan keadaan suhu, cara penanganan, dan pengemasan yang digunakan. Minyak dapat disimpan dalam kemasan yang menggunakan bahan tahan lemak untuk menghindari terjadinya penetrasi lemak. Minyak harus disimpan pada ruang teduh dan harus dilindungi dari sengatan cahaya matahari.

 

 

 

Loading...
Loading...