Cara Penanaman Jagung Manis


Pertanianku – Setelah lahan diolah dan diberi kapur, tahap selanjutnya adalah penanaman. Penanaman jagung manis dilakukan secara manual dengan memasukkan benih ke dalam lubang tugal maupun alur tanam yang disiapkan dengan bajak ditarik ternak. Benih ditanam dalam lubang pada kedalaman 3—5 cm yang dibuat dengan tugal atau diletakkan di larika kemudian ditutup dengan tanah atau kompos. Ada dua sistem tugal, yaitu sistem satu lubang dan sistem dua lubang dengan jarak antarlubang 5 cm. Untuk tanah berat sebaiknya penutupan lubang benih menggunakan kompos yang sudah matang.

Genetik Jagung Manis

Cara penanaman jagung manis adalah sebagai berikut.

1) Siapkan tugal terlebih dahulu. Tugal dapat terbuat dari kayu bulat yang bagian pangkalnya agak runcing. Jika menggunakan tugal sistem dua lubang maka pada bagian pangkal diberi lapisan logam dengan jarak 5 cm antarujung logam.

2) Siapkan tiga utas tali rafia sesuai ukuran lebar dan panjang lahan, dan empat buah ajir ukuran 50 cm. Tali rafia digunakan untuk memudahkan pembuatan jarak tanam dan meluruskan barisan. Dua utas tali rafia pertama digunakan untuk jarak antarbarisan. Panjang tali rafia ini sesuai dengan lebar petakan, misalnya 4,5 cm. Beri penanda menggunakan tali rafia warna berbeda untuk penanda antarbarisan. Ikatkan tali rafia tersebut setiap jarak tertentu, misalnya 75 cm. Utas ketiga digunakan untuk membuat jarak tanam dalam barisan. Ikatkan tali rafia warna berbeda setiap jarak dalam barisan tertentu, misalnya 25 cm.

3) Ikatkan tali rafia pertama dan kedua pada masing-masing ajir. Bentangkan kedua tali tali tersebut pada bagian depan dan belakang petakan. Tali ini sebagai penanda jarak antarbarisan. Tali ketiga juga diikatkan pada ajir. Tali ketiga ini sebagai penanda dalam barisan. Tancapkan ajir pada penanda baris pertama. Buat lubang tanam menggunakan tugal sesuai dengan jarak dalam barisan tersebut.Setelah selesai menugal dan membuat alur pupuk, tali dan kedua ajirnya dipindahkan pada tanda barisan berikutnya (di sisi sebelahnya). Demikian seterusnya sehingga semua barisan tertanami dengan baik.

Baca Juga:  Rahasia Tentang Kemangi yang Wajib Anda Tahu

4) Buat lubang dengan tugal di samping tanda jarak tanam pada rentangan tali rafia. Kedalaman lubang 3—5 cm, usahakan kedalamannya seragam.

5) Masukkan benih pada tiap lubang tanam. Berikan Furadan 3G secukupnya untuk mencegah serangan lalat bibit dan ulat Agrotis.

6) Tutup lubang tanam menggunakan tanah halus atau arang sekam.

 

Sumber: Buku Jagung Manis