Cara Penggunaan Bunga Wijaya Kusuma untuk Pengobatan


Pertanianku — Tanaman wijaya kusuma digemari karena memiliki manfaat baik yang membantu pemulihan beberapa penyakit. Bagian tanaman yang dimanfaatkan adalah bunga dan batangnya. Pemakaian bisa dalam bentuk segar ataupun dapat dikeringkan untuk penyimpanan.

wijaya kusuma
Foto: Shutterstock

Bunga wijaya kusuma memiliki rasa yang manis, digunakan untuk mengatasi TB paru dengan batuk dan dahak berdarah, sesak napas (asma), radang tenggorokan (faringitis), nyeri lambung (gastritis), muntah darah, dan perdarahan rahim (uterine bleeding).

Untuk pemakaian bunga wijaya kusuma sebagai obat yang diminum, rebus bunga wijaya kusuma sebanyak 10—20 gram (3—5 kuntum), lalu minum airnya. Untuk pemakaian luar, giling batang segar sampai halus, lalu turapkan ke tempat yang sakit seperti bisul dan luka berdarah, kemudian balut.

Berikut ini beberapa cara penggunaan bunga wijaya kusuma untuk mengatasi beberapa penyakit.

  1. TB paru dengan batuk dan dahak berdarah

Rebus bunga wijaya kusuma segar (3—5 kuntum), dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas. Tambahkan gula aren (15 gram). Setelah dingin, saring dan minum airnya sehari dua kali, masing-masing setengah gelas. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

  1. Perdarahan rahim

Bersihkan bunga wijaya kusuma segar (2—3 kuntum) dan daging tanpa lemak (50 gram), lalu potong-potong seperlunya. Masukkan ke mangkuk, tambahkan air sampai semua bahan terendam, lalu tim. Setelah dingin, minum airnya. Isinya dimakan. Lakukan sehari dua kali, masing-masing separuhnya.

  1. Sesak napas

Cuci bunga wijaya kusuma segar (3—5 kuntum), lalu potong-potong seperlunya. Masukkan ke mangkuk, tambahkan gula batu dan air sampai permukaannya terendam seluruhnya, lalu tim. Setelah dingin, saring dan minum airnya sehari dua kali, masing-masing separuhnya.

Baca Juga:  Mana yang Lebih Menyehatkan, Teh atau Kopi?