Cara Penyemaian Indigofera dengan Mudah


Pertanianku — Indigofera adalah tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Menurut hasil penelitian, tanaman ini punya kandungan kalsium, fosfor serta nitrogen yang sangat dibutuhkan hewan ternak terutama domba dan kambing. Untuk membudidayakannya, Anda harus mengetahui cara penyemaian indigofera terlebih dahulu agar mendapatkan hasil yang bagus.

cara penyemaian indigofera
Foto: Shutterstock

Pemanfaatan indigofera sebagai pakan ternak ini sudah sering dilakukan di luar negeri. Diketahui ada sekitar 700 jenis tanaman indigofera dan sebagian besar tumbuh di kawasan subtropika atau tropika di Afrika, Asia, dan sebagian Amerika. Kandungan proteinnya yang tinggi, yaitu sekitar 27% dari bahan kering (BK) menjadikannya sebagai pilihan alternatif hijauan terbaik untuk ternak yang kaya akan protein.

Selain pertumbuhannya relatif cepat, tanaman ini juga toleran di lahan dengan ketinggian 1—1.800 m dpl dan dapat tumbuh dengan baik di lahan daerah kering. Siapkan lokasi dimana lahan tersebut mendapat cahaya matahari penuh. Sebab, indigofera merupakan tanaman yang membutuhkan cahaya dan panas di saat mulai perkecambahan.

Siapkan tray semai atau baki dan polibag ukuran diameter minimal 8—10 cm, lalu diisi tanah subur atau tanah biasa pada bagian atas. Kemudian, berikan pula pupuk kandang dengan perbandingan 50 : 50. Saat pembibitan, polibag harus dalam kondisi tersiram air setiap hari, tetapi tidak boleh digenangi. Sebab, jika terlalu lama tergenang, bisa menyebabkan busuk pada tanaman

Langkah selanjutnya, Anda harus menyeleksi biji indigofera dengan perendaman. Sebelum disemaikan, rendam dulu biji indigofera selama 12 jam dengan air dingin. Buang biji yang mengambang. Setelah itu, tabur 2—3 butir benih indigofera di dalam tray semai (jika menggunakan tray semai) atau langsung ke dalam polibag.

Siram biji yang telah ditanam secara teratur pagi dan sore. Anda tidak perlu menggunakan pupuk kimia, cukup dengan tanah subur atau pupuk kandang saja karena indigofera akarnya bisa mengambil nitrogen dari udara.

Baca Juga:  Tren Bertanam Sayuran di Kota yang Perlu Anda Coba

Setelah usia bibit sekitar 2 minggu di tray semai, pindahkan ke polibag tunggu pertumbuhannya hingga umur 2—3 bulan. Selanjutnya, indigofera sudah bisa ditanam di lahan yang sudah Anda siapkan sebagai lokasi tanam.

Tanaman indigofera bisa dipanen 70—90 hari sekali, sisakan panjang dari tanah ke batang utama dengan ketinggian 80 cm. Untuk pemupukan bisa menggunakan kombinasi pupuk kandang , TSP, dan NPK.

loading...
loading...