Cara Pijat Ambing Kambing

Pertanianku — Ada banyak cara untuk mendongkrak produksi susu kambing, mulai dari pemberian bahan pakan alternatif yang bisa memicu produksi susu hingga memijat bagian ambing kambing. Pijat ambing kambing bisa mendongkrak produksi susu hingga 50 persen. Peningkatan produksi susu baru bisa terlihat setelah melakukan pijat ambing selama setahun.

pijat ambing kambing
foto: pertanianku

Pijat ambing bisa dilakukan untuk ternak ruminansia apa saja. Tujuannya sama, yaitu meningkatkan produksi susu menjadi lebih banyak. Menaikkan produksi susu dengan pijat ambing memang tidak bisa langsung banyak, produksi akan naik secara perlahan, yakni kurang dari 200 ml susu sebulan.

Meskipun kenaikannya sedikit, perlakuan pijat ambing tetap saja bisa memberikan nilai tambah yang cukup besar, mengingat harga jual susu kambing sendiri sudah cukup tinggi.

Loading...

Pemijatan bisa dilakukan untuk memperbesar dan membentuk ambing. Setelah dipijat, diharapkan ambing bisa membesar dan membulat sehingga bisa digunakan untuk menampung susu lebih banyak dari biasanya.

Hasil yang lebih maksimal akan terlihat saat kambing sudah mengalami masa 2—3 kali laktasi. Hal ini karena kambing sudah pernah beranak sehingga hormon esterogen di dalamnya menjadi aktif. Hormon esterogen tersebut dapat merangsang pembentukan ambing.

Pijat ambing bisa dilakukan dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal. Berikut ini cara pijat ambing kambing yang bisa Anda ikuti.

  1. Basahi ambing kambing dengan air hangat suam-suam kuku. Air hangat berfungsi untuk melepaskan minyak yang menyumbat bagian puting ambing.
  2. Lakukan gerakkan memutar ke kiri dan ke kanan, lakukan sambil agak menekan ambing. Lakukan pijatan perlahan seperti mengusap ambing dengan kedua tangan dan posisi seluruh jari terbuka seperti memegang mangkuk.
  3. Ulangi gerakan memijat sampai air yang membasahi ambing perlahan turun dan mengering.
Baca Juga:  Permasalahan yang Kerap Timbul Saat Penetasan Telur Itik

Agar berhasil dalam melakukan program meningkatkan produksi susu kambing, Anda perlu mendukungnya dengan memberikan pakan yang berkualitas serta menjaga hewan agar tidak stress. Stres dapat menurunkan produksi susu hingga 10—30 persen. Salah satu penyebab kambing stres adalah suara bising atau terlalu sering dipegang orang.

 

 

Loading...
Loading...