Cara Pintar Menyimpan Bumbu Dapur di Rumah


Pertanianku – Pernahkah Anda mengalami masalah saat menyimpan sayuran ataupun bumbu dapur di dalam kulkas, tetapi tetap saja cepat membusuk? Tahukah Anda cara tersebut sebenarnya salah?

Pada dasarnya ada cara tersendiri untuk menyimpan sayuran atau bumbu dapur agar tetap awet. Selain itu, setiap sayuran atau bumbu dapur memiliki cara yang berbeda-beda dalam menyimpannya.

Hal seperti ini seringkali ditemukan di sebagian orang. Mereka menyimpan sayur-sayuran, bumbu dapur, dan buah-buahan pada satu tempat. Padahal, semua jenis bahan makanan tersebut berbeda. Oleh karena itu, cara untuk menyimpannya pun berbeda.

Berikut disampaikan cara pintar menyimpan sayuran dan bumbu dapur di rumah dengan baik dan benar agar tetap awet dan bertahan lama.

Cara menyimpan bawang putih

cara-pintar-menyimpan-bumbu-dapur-di-rumah-2

Bumbu dapur yang satu ini wajib ada di dapur. Hal ini karena hampir semua masakan menggunakan bawang putih. Umumnya, orang akan membeli banyak karena kebutuhannya juga sangat sering. Selain itu, untuk mencegah kehabisan saat sedang membutuhkan. Permasalahannya adalah bagaimana cara menyimpan bawang putih agar tidak mudah busuk.

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang tidak mudah busuk. Anda cukup menyimpan bawang putih di tempat terbuka dengan suhu ruangan. Jika Anda belum memakainya untuk masak, jangan pernah mengupasnya terlebih dahulu untuk menjaga keawetan bawang putih itu sendiri. Kupaslah saat hanya ingin menggunakannya.

Cara menyimpan bawang merah

cara-pintar-menyimpan-bumbu-dapur-di-rumah-1

Banyak orang yang tidak tahu bahwa bawang merah tidak tahan alias cepat busuk jika dimasukkan ke dalam kulkas. Ini yang menjadi permasalahan kenapa bawang merah cepat busuk.

Bawang merah memiliki sifat yang sama dengan bawang putih, yaitu harus berada dalam suhu ruangan. Cukup letakkan bawang merah di tempat terbuka dengan suhu ruangan, bawang merah akan awet.

Baca Juga:  Tingkatkan Produktivitas Kedelai, Petani Mulai Terapkan Teknologi

Satu lagi yang menjadikan bawang merah cepat busuk adalah bawang merah yang masih basah. Hal ini mungkin bawang merah kurang sempurna saat panen sehingga masih basah.

Jika kondisi bawang merah basah, keringkan terlebih dahulu. Untuk mengeringkannya juga harus dengan teknik yang benar karena akan membuat bawang merah cepat busuk. Cara mengeringkan bawang merah adalah dengan mengipasi bawang merah dan jangan sampai dijemur.

loading...
loading...