Cara Praktis Membuat Jamu Herbal untuk Ayam Aduan


Pertanianku — Selain makanan pokok, ayam aduan juga memerlukan makanan tambahan (suplemen) untuk mendukung kemampuan dan kekuatannya. Anda bisa membuat jamu herbal sebagai suplemen tambahan untuk ayam tersebut.

ayam aduan
Foto: Google Image

Jamu atau vitamin yang diberikan bisa berupa jamu instan yang biasa diminum manusia atau racikan sendiri. Akan tetapi, jika Anda ingin meracik jamu herbal sendiri untuk ayam Anda, maka bahan-bahan yang perlu disiapkan di antaranya beras, kunyit, kencur, temulawak, madu, telur, tepung beras, dan lain-lain.

Ada dua resep yang bisa Anda tiru dalam membuat jamu herbal untuk ayam jagoan Anda. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Resep pertama

Bahan-bahan

  • Jahe 1 kg
  • Kunyit ½ kg
  • Gula merah 1 kg
  • Kopi bubuk ½ kg
  • Daun-daun herbal penambah stamina

Cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Haluskan kunyit dan jahe yang sudah dibersihkan (diblender atau diparut).
  2. Campur seluruh bahan tadi dengan kopi bubuk.
  3. Rebus air yang sudah dimasukkan gula merah.
  4. Setelah mendidih, masukkan campuran kunyit, jahe, kopi, dan daun-daun herbal.
  5. Aduk terus sampai mengental seperti dodol.
  6. Angkat dan dinginkan.
  7. Setelah dingin, buat adonan menjadi bulatan-bulatan kecil seukuran bukaan mulut ayam, lalu keringkan.
  8. Beri jamu ini sebutir tiap hari sekali. Jamu ini bisa dikonsumsi untuk anak ayam petarung, ayam aduan bangkok rawatan, dan botohnya.

Resep kedua

Berikan air yang dicampur dengan rebusan air jahe dan kunir pada ayam bangkok aduan. Pemberian air campuran ini dilakukan seminggu tiga kali dan setiap hari diberi 2 kali sehari, pagi dan sore.

Selain itu, diimbangi pula dengan pemberian pakan berupa singkong rebus tumbuk, biji-bijian pakan burung perkutut, dan cacing yang sudah dibersihkan kotorannya, setiap sore hari. Sementara di pagi harinya, ayam diberi pakan biji-bijian saja atau pakan yang sudah standar.

Baca Juga:  Cara Paling Efektif Pemasaran Ternak Ayam Kampung

Resep kedua ini juga sebaiknya didukung dengan pola perawatan yang tepat seperti memberi babon supaya ayam tidak stres, tenggeran dibuat minimal satu meter, dan kandang yang luas supaya ayam bangkok petarung bebas bergerak. Disamping dengan mengonsumsi jamu penambah stamina, tentunya ayam harus dilatih secara baik dan benar untuk mendapatkan stamina yang kuat.