Cara Praktis Membuat Sup Kambing

Pertanianku – Saat Idul Adha tiba, menu yang biasa dihidangkan antara lain sate, sop, gulai, dan masih banyak lainnya. Sayangnya tidak sedikit masyarakat yang masih kurang lihai bagaimana cara mengolah daging kambing agar terasa lebih lezat. Ini karena bila tidak benar dalam mengolahnya, bisa jadi masakan hasil olahan dari kambing ini dagingnya masih terasa alot dan lemaknya menggumpal di kuah. Selain itu, hal yang paling sering dikeluhkan adalah aroma khas kambing yang masih tajam tercium atau yang biasa dikenal dengan istilah bau prengus.

Cara Praktis Membuat Sup Kambing

Untuk mengatasi hal tersebut, Chef Pasha Hardiman, resident chef di Chezlely Culinary School, Jakarta, memberikan tips mengolah daging kambing. Berikut cara praktis membuat sup kambing dikutip dari laman viva.

Loading...
  1. Hal yang harus diperhatikan sebelum mengolah daging kambing, cucilah daging kambing ketika Anda sudah siap untuk mengolahnya.
  2. Buanglah kaldu daging kambing atau air rebusan pertama saat merebus daging kambing. Pasalnya kaldu kambing mengandung lemak tinggi dan tidak baik untuk dikonsumsi, terlebih oleh penderita diabetes.
  3. Untuk menghilangkan bau pada daging kambing, Anda bisa menggunakan mentimun. Potong kecil mentimun dan remas-remas bersama daging kambing yang telah dipotong. Getah mentimun dipercaya dapat menghilangkan aroma kambing. Atau, Anda juga bisa menggunakan buah nanas untuk menghilangkan bau prengus dan membuat daging kambing cepat empuk.
  4. Ada dua cara memasak sup kambing. Pertama, menggunakan susu full cream atau susu kambing dan yang kedua dengan kuah bening. Untuk mereka yang peduli kesehatan, lebih baik menggunakan kuah bening karena lebih rendah lemak.

Demikianlah cara praktis membuat sup kambing. Jika Anda berminat silahkan mencobanya di rumah sebagai santapan Idul Adha bersama keluarga.

Baca Juga:  Cara Mudah Mengolah Kulit Manggis
Loading...
Loading...