Cara Praktis Mengetahui Buah Matang


Pertanianku — Mahasiswa Universitas Sebelas Maret menciptakan sebuah aplikasi yang dapat mendeteksi tingkat kematangan dan kesegaran buah yang akan kita konsumsi. Ini merupakan satu-satunya aplikasi yang mampu mengetahui buah matang atau tidak.

mengetahui buah matang
Foto: Pixabay

Caranya, dengan hanya memfoto dan memperkecil ukuran foto itu, maka aplikasi itu bisa langsung membaca kematangan dan kesegaran buah.

Menurut laporan Republika, aplikasi ini dibuat dengan tujuan meningkatkan kualitas ekspor produk pertanian yang tidak tahan lama di Indonesia.

Di dalam aplikasi tersebut tedapat tiga uji, yakni uji kesegaran dengan perfect fresh food, uji kematangan dengan perfect maturity, dan takaran pupuk yang pas ketika menanam buah dengan perfect fetilizer.

Aplikasi ini tentu saja sangat bermanfaat bagi penggiat agribisnis ataupun masyarakat umum. Mengingat, di Indonesia sendiri masih belum ada alat khusus untuk mengetahui tingkat kematangan dan kesegaran sayur serta buah-buahan.

Oleh karena itu, tak heran jika aplikasi yang dinamai “Perfect” ini meraih peringkat ketiga dalam lomba karya tulis ilmiah yang diadakan oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia.

Namun sayang, bagi Anda yang ingin mencoba aplikasi ini, Anda perlu bersabar karena aplikasi ini belum tersedia di playstore ataupun iOS.

Baca Juga:  Tumbuhan Penghasil Uang Ini Wajib Anda Tanam