Cara Praktis Mengolah Kulit Buah Manggis


Pertanianku – Salah satu cara mengolah kulit buah manggis yang aman adalah dengan merendamnya di air terlebih dahulu minimal selama satu jam. Selanjutnya kulit buah manggis dicuci bersih sampai tidak ada getah yang menempel, lalu dikukus selama 3—5 menit. Setelah dikukus, kulit manggis diblender dengan air kemudian disaring dengan kain halus untuk memisahkan serat kasarnya. Cara lainnya adalah mendiamkan kulit buah yang telah diblender sampai mengendap. Selain menggunakan kulit buah, pembuatan jus juga dapat mengambil seluruh bagian buah manggis. Dengan mencampur seluruh bagian buah dapat menghilangkan rasa sepat dari kulit manggis. Selain itu, penggabungan juga bisa menghilangkan efek samping yang timbul dari mengonsumsi bagian buah tertentu. Hal itu karena dalam satu buah biasanya terdapat penawar dari efek samping bagian buah lain.

Sekilas Tentang Tanaman Manggis

Jika dalam pembuatan jus menggunakan kulit buah manggis segar, sebaiknya kulit manggis bagian luar yang keras dikupas terlebih dahulu lantaran mengandung banyak saponin. Saponin memiliki efek menyamak dan bila dikonsumsi, dapat menutup poripori sel usus yang mengakibatkan usus kejang dan memicu terjadinya muntah hingga diare.

Agar jus kulit buah manggis bisa bertahan lama, dapat ditambah dengan asam sitrat. Caranya adalah dengan memasak air dari jus kulit manggis selama beberapa saat dengan asam sitrat. Takarannya disesuaikan dengan selera. Selain berfungsi sebagai pengawet jus, sifat asam dari zat tambahan makanan itu juga dapat menguatkan rasa dan warna. Setelah direbus, masukkan ke dalam botol dan simpan dalam kulkas agar tahan hingga dua minggu. Bila disimpan dalam suhu kamar, jus hanya awet selama lima hari. Cara lain yang praktis dalam mengolah kulit manggis adalah menyeduh bagian dalam kulit manggis dengan air mendidih. Akan tetapi, banyak yang menilai cara tersebut kurang efektif karena senyawa aktif dalam kulit manggis tidak dapat terekstrak secara optimal. Kadar alpha-mangostin yang terekstrak dengan pelarut air relatif kecil, kurang dari 1%.

Baca Juga:  Satu Pohon Menghasilkan Aneka Jenis Buah, Bagaimana Bisa?

 

Sumber : BUKU RAMUAN DAN KHASIAT KULIT MANGGIS

loading...
loading...