Cara Produksi Benih Kopi Sendiri

Pertanianku — Produksi benih kopi diawali dari memetik buah kopi merah, yakni ketika sudah panen. Buah kopi yang sebaiknya dipilih adalah buah yang masak panen/fisiologis, sehat, serta bentuk dan ukurannya normal. Normalnya, buah tersebut berasal dari kebun sumber benih bersertifikat. Buah yang sudah dikumpulkan akan melalui proses-proses berikut ini.

benih kopi
foto: pertanianku

Pengupasan kulit buah kopi

Pengupasan dapat dilakukan dengan mesin pengupas yang digerakkan oleh tenaga manusia ataupun mesin. Kulit buah harus dipisahkan hingga Anda mendapatkan biji kopi yang bebas dari kulit. Biasanya, saat pengupasan sering juga dilakukan pemisahan buah yang terapung di atas air. Buah yang terapung merupakan buah yang tidak berbiji.

Menghilangkan lendir

Lendir yang ada di biji kopi perlu dihilangkan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Proses secara langsung dilakukan dengan menggosokkan biji menggunakan abu dapur. Sementara itu, proses tidak langsung dilakukan dengan fermentasi biji kopi di dalam karung plastik (sak) selama 24 Jam. Setelah bersih dari lendir, biji dicuci hingga bersih dengan air.

Pengeringan

Benih yang sudah dicuci dihamparkan di atas rak yang terbuat dari kayu beralas kawat kasar. Rak pengeringan sebaiknya berada di ruangan yang teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Pada saat yang bersamaan lakukan sortasi pada benih yang terserang hama bubuk kopi, pecahan kulit benih, kotoran, benih pecah, benih rusak, dan benih abnormal.  Sortasi pada tahap ini merupakan sortasi pertama.

Proses pengeringan berlangsung selama 2–3 hari, bergantung pada cuaca. Semakin cerah cuaca, akan semakin cepat pengeringan.

Sortasi benih

Lakukan sortasi kembali ketika kandungan air di dalam benih sekitar 40 persen. Sortasi pada tahap ini disebut sortasi halus dengan memilah benih yang berukuran ekstrem, abnormal, retak, pecah, dan berlubang.

Baca Juga:  Pedoman Rehabilitasi Tanaman Kopi

Perlakuan fumigasi

Fumigasi atau insektisida pada benih kopi bertujuan melindungi benih kopi dari serangga yang dapat merusak. Fumigan yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satu hama yang meresahkan adalah penggerek biji. Itu sebabnya benih perlu difumigasi.