Cara Sederhana Budidaya Ikan Tombro


Pertaianku — Ikan tombro adalah salah satu jenis ikan air tawar yang termasuk ikan konsumsi yang banyak diminati oleh banyak kalangan karena rasanya yang begitu gurih dan enak. Budidaya ikan tombro cukup mudah dilakukan dengan alat dan bahan sederhana.

Budidaya ikan tombro
Foto: Google Image30

Alasan lain kenapa ikan ini digemari, yaitu karena kandungan protein di dalamnya cukup tinggi. Di beberapa daerah, orang menyebut ikan ini dengan ikan mas. Ikan tombro berasal dari Eropa dan Tiongkok. Namun, kini banyak dijumpai dan dibudidayakan di Indonesia.

Ikan tombro biasanya hidup bergerombolan di air tawar. Karena pola hidupnya yang sangat  menyukai air yang mengalir dan tempat yang tidak terlalu dalam, ikan ini lebih banyak dijumpai di dekat pintu masuk air dan di pinggiran sungai atau danau

Ciri ciri ikan tombro antara lain memiliki bentuk tubuh yang agak memanjang dan memipih tegak. Hampir seluruh tubuhnya ditutupi sisik dan hanya sebagian kecil yang tidak ditutupi. Sisiknya berukuran relatif besar dan termasuk tipe sisik sikloid.

Hal yang perlu dipersiapkan dalam membudidayakan ikan jenis ini di antaranya persiapan kolam, pengisian air, penebaran benih, pengontrolan kualitas air, pengendalian hama dan  penyakit, mengamati pertumbuhan, pemberian pakan, serta panen dan pemasaran.

Kedalaman kolam untuk ikan tombro yang harus diperhatikan, jangan kurang di batas ambang 0,75 meter. Dengan cara budidaya yang baik, ikan yang dibudidayakan akan tumbuh  dengan baik.

Proses pemeliharaan ikan tombro

Ikan tombro dapat hidup pada suhu sekitar 24—30 derajat Celcius dengan pH sekitar 6—7. Agar bisa hidup dengan hasil yang optimal, pemeliharaan dilakukan di air yang tenang dan tidak terlalu deras, tetapi juga memiliki sirkulasi air yang cukup. Pemeliharaan ikan ini dilakukan selama 3 hingga 4 bulan.

Baca Juga:  Khasiat Cumi-Cumi Ternyata Sangat Banyak, Lho!

Dalam pembesaran bibit ikan tombro, perlu diperhatikan kondisi dan kualitas air kolam karena hal ini berkaitan dengan nafsu makan ikan. Jika kondisi air kolam bagus, nafsu makan ikan akan lebih baik dibandingan dengan kondisi air kolam yang buruk. Air kolam yang bagus berwarna bening kehijauan atau kecokelatan, tidak berbau, serta tidak berminyak dan tidak ada endapan di permukaan kolam.

Disarankan pula sebaiknya di tengah kolam diberi filterisasi atau pancuran yang berguna untuk membantu memperbaiki kondisi air yang buruk dan juga meningkatkan kadar oksigen dalam kolam.

Tahap pemberian pakan ikan tombro

Ikan tombro termasuk ikan omnivora atau dengan kata lain ikan ini pemakan segala, baik itu hewani maupun nabati seperti serangga, cacing, lumut, ganggang dan lain sebagainya. Makanan utama ikan tombro, yaitu tumbuhan atau hewan yang ada di dasar dan tepi perairan/kolam.

Ikan tombro yang dibudidayakan diberi pakan sebanyak 3 kali sehari. Waktu yang baik untuk memberikan pakan, yaitu pagi hari, dimana sinar matahari dapat meningkatkan kadar oksigen yang dikeluarkan oleh tanaman air.