Cara Seleksi Domba Bibit

Pertanianku Seleksi domba bibit sangat perlu dilakukan untuk mendapatkan induk jantan dan betina yang berkualitas sehingga mampu melahirkan anak domba berkualitas juga. Indukan berkualitas biasanya akan memiliki tingkat kesuburan dan persentase kelahiran yang tinggi, kecepatan tumbuh yang baik, dan produksi susu yang cukup. Oleh karena itu, penting untuk Anda ketahui cara seleksi domba bibit yang benar.

seleksi domba bibit
foto: pertanianku

Untuk memilih domba bibit yang baik dipengaruhi oleh banyak faktor yang harus dipertimbangkan oleh para peternak. Berikut faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih domba bibit.

Kesehatan

Loading...

Kesehatan merupakan modal utama dalam ternak domba yang akan menghasilkan keuntungan. Kesehatan domba akan tergambar pada penampilan dan perilaku dari domba itu sendiri, seperti selalu aktif dan lincah, kepala tegap dan pandangan mata cerah, warna bulu bersih dan mengilap, serta kulit tidak keriput.

Ukuran tubuh besar

Pilihlah induk betina dan jantan berukuran besar dengan bobot yang tinggi, kerangka, dan tulang-tulang yang besar serta kuat dapat menghasilkan anak yang besar dan berbobot tubuh tinggi juga, pertumbuhan cenderung cukup cepat, dan konstitusi yang baik.

Temperamen

Pilihlah domba yang memiliki sifat keibuan, karena hanya domba yang seperti itu akan bisa merawat anaknya dengan baik. Anda bisa melihat domba dari penampilan yang jinak serta sorot matanya yang bersifat ramah. Induk yang bersifat keibuan akan selalu menjaga anaknya dari hewan lain. Sementara, induk yang temperamennya jelek akan membiarkan dan meninggalkan anaknya saat mendekat ingin menyusu.

Kemampuan menghaslkan susu

Induk dikatakan mampu menghasilkan susu yang baik apabila produksi susu terus berlangsung selama 8—10 minggu atau lebih.

Bobot lahir dan bobot sapih

Anak domba yang terlahir tinggi akan cepat tumbuh dibanding anak domba yang terlahir kecil. Hal tersebut dapat diupayakan dengan mengawinkan induk dan pejantan dari domba yang berbobot sapih tinggi.

Baca Juga:  Parasit Domba yang Merugikan

Kemampuan merumput

Domba merupakan hewan yang suka merumput. Agar sifat tersebut seimbang, domba harus memiliki gigi dan rahang yang normal serta struktur kaki yang sehat dan kuat.

Silsilah

Silsilah merupakan catatan tertulis mengenai data-data potensial yang dimiliki oleh domba, seperti berat sapih yang tinggi, kesuburan yang baik, dan kualitas karkas. Hal ini diharapkan mampu membantu peternak saat menentukan indukan yang akan dikawinkan.

 

Loading...
Loading...