Cara Seru Menikmati Buah Selain Dijus

Pertanianku — Sudah diakui bahwa menikmati buah dengan cara dijus memang sangat baik bagi tubuh. Banyak penelitian kesehatan yang menyebutkan buah yang dijus lebih mudah tercerna oleh tubuh dibanding buah yang dikonsumsi secara utuh. Proses pembuatan jus dapat menjaga kandungan enzim tetap utuh sehingga mudah diserap oleh tubuh. Namun, tahukah Anda jika ada beberapa cara untuk menikmati buah yang sama efektifnya dengan mengubah buah utuh menjadi jus.

menikmati buah
foto: pixabay

Tahan sebentar buah di dalam mulut hingga bercampur dengan air liur

Untuk mendapatkan nutrisi dalam buah Anda harus mengonsumsinya dengan benar dan baik. Cara mengonsumsi buah segar sebaiknya tidak dilakukan dengan langsung mengunyahnya lalu ditelan. Begitupun buah yang dijus, sebaiknya jangan langsung diteguk hingga habis.

Loading...

Cara mengonsumsi buah utuh yang benar adalah dengan memakannya sedikit demi sedikit. Begitu pun dengan buah yang dijus, minum jus buah sedikit demi sedikit, lalu biarkan sebentar di dalam mulut. Membiarkan buah di dalam mulut sesaat dilakukan sambil merasakan buah tersebut hingga tercampur dengan air liur. Baru setelah itu, telan buah hingga masuk ke sistem pencernaan. Begitu seterusnya hingga buah habis.

Mengapa konsumsi buah seperti itu dan harus bercampur dengan air liur? Ternyata, air liur manusia mengandung enzim ptyalin. Enzim tersebut sangat berguna untuk mempermudah proses pencernaan buah di dalam tubuh. Hal tersebut akan memudahkan proses penyerapan nutrisi buah di dalam tubuh. Konsumsi dengan cara ini sangat berguna untuk menghindari gangguan perut kembung dan mulas.

Buat rasa jus buah semakin nikmat dan lezat

Tentunya selain mengincar nutrisi yang ada di dalam buah, jus juga sering digunakan untuk menghilangkan dahaga dan memberikan sensasi segar di dalam tubuh. Oleh karena itu, sudah saatnya Anda membuat jus menjadi lebih nikmat agar Anda rutin mengonsumsi jus. Namun, tidak semua buah memiliki rasa yang enak. Untuk mendapatkan rasa yang lezat, campurkan bahan lain untuk menambah rasa, seperti air jeruk lemon atau jeruk nipis.

Baca Juga:  Manfaat Segelas Jus Sirsak

Jika Anda ingin menambah sensasi gurih, gunakan jenis kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang mete, almond, atau kenari. Kacang memang kaya lemak, tetapi kacang juga berfungsi untuk melancarkan pencernaan jus buah. Lemak yang dikandung kacang merupakan jenis lemak yang sehat, bisa dengan mudah dicerna dan langsung diedarkan di dalam darah. Yang terpenting, pastikan kacang sudah dikupas dari kulitnya dan diolah dengan cara panggang atau sangrai.

 

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...