Cara Sterilisasi Rumah Kumbung yang Benar

Pertanianku — Rumah kumbung biasa digunakan untuk budidaya jamur konsumsi. Pembudidaya harus menjaga kondisi rumah kumbung agar tetap bersih dan terbebas dari benda asing yang bisa mengontaminasi jamur di dalamnya. Sebelum digunakan, biasanya pembudidaya harus melakukan sterilisasi rumah kumbung.

sterilisasi rumah kumbung
foto: pertanianku

Sterilisasi rumah kumbung bisa dilakukan dengan mengalirkan uap panas ke dalam rumah kumbung. Proses sterilisasi ini membutuhkan drum sterilisasi, tungku, pipa pembuangan asap, dan pipa yang akan menyalurkan uap. Berikut ini beberapa tahapan untuk sterilisasi rumah kumbung yang harus dilakukan.

Memasukkan media tanam

Masukkan media tanam ke rumah kumbung dan tata di atas rak tanam secara teratur. Media tanam disusun dengan ketebalan sekitar 15—20 cm. Media tanam ditata sebelum rumah dialirkan oleh uap panas.

Alirkan uap

Setelah media tanam selesai ditata, alirkan uap panas yang berasal dari perebusan air di dalam pembangkit uap ke dalam kumbung. Anda bisa menggunakan drum atau tangki minyak yang sudah diisi dengan air, lalu dipanasi di atas tungku api. Selanjutnya, sambungkan drum tersebut dengan pipa yang akan mengalirkan uap panasnya ke dalam kumbung.

Di dalam rumah kumbung, pipa tersebut dibuat menjadi bercabang, dan di setiap cabangnya diberi lubang sebanyak delapan buah. Hal ini berguna untuk memudahkan penyebaran uap panas ke seluruh ruangan sehingga sterilisasi dapat berjalan dengan lancar.

Lakukan selama 2—4 jam

Setelah uap panas masuk ke rumah kumbung, lakukan proses sterilisasi selama 2—4 jam atau  hingga suhu di dalam rumah kumbung menjadi 70°C. Selanjutnya, diamkan kumbung selama 24 jam hingga suhu di dalam turun menjadi 32—35°C.

Sterilisasi menjadi salah satu tahapan penting yang harus dilakukan dalam proses budidaya jamur. Penanaman jamur baru bisa dilakukan setelah rumah sudah steril. Proses ini bisa meminimalisir kerugian yang disebabkan oleh bibit penyakit.

Baca Juga:  Tips dan Trik Membuat Lengkeng Matalada Rajin Berbuah dengan Lebat

Setelah rumah steril, Anda harus melakukan pemeliharaan dengan benar agar jamur bisa tumbuh subur dan optimal. Dalam buku Usaha 4 Jenis Jamur Skala Rumah Tangga  membahas cara budidaya jamur yang biasa dikonsumsi. Pembahasannya cukup mudah dimengerti, sekalipun untuk pemula di dunia budidaya jamur. Segera hubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya untuk mendapatkan buku ini sebagai referensi usaha Anda.

 


loading...