Cara Tepat Memberikan Makan Ikan Mas Koki

0

Pertanianku – Jika Anda memelihara ikan mas koki di rumah, memberikan pakan yang berkualitas akan berdampak pada kesehatan ikan-ikan mas koki. Yang perlu Anda lakukan adalah jangan memberikan makanan secara berlebihan. Pemberian pakan serta persiapan yang salah adalah kesalahan lazim yang sering dilakukan pemilik ikan mas koki saat memberi makan ikan mereka. Memahami kebiasaan makan  mas koki dan mengetahui jenis makanan yang tepat akan membantu Anda memberi makan  mas koki dengan baik dan benar.

Berikut cara tepat memberikan makan ikan mas koki dengan benar:

  1. Ketahui jenis makanan apa yang harus diberikan

Ikan mas koki termasuk omnivora, yang berarti mas koki memakan segala, daging dan tumbuhan. Banyak jenis makanan yang dapat Anda berikan untuk ikan mas koki, dan Anda mungkin kebingungan jika pergi ke toko hewan peliharaan dan melihat semua pilihan yang tersedia. Jadi, sebelum membeli makanan apa pun, luangkan waktu untuk mempelajari apa perbedaan di antara jenis makanan tersebut.

  • Perlu diingat bahwa setiap jenis makanan memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.
  • Ikan mas koki harus diberi berbagai jenis makanan. Membeli berbagai jenis pakan akan membantu menjaga menu makan ikan tetap menarik dan memastikan ikan mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk tetap sehat.
  1. Berikan pakan kering

Pakan kering adalah salah satu jenis makanan ikan paling umum. Pakan kering biasanya dijual dalam kemasan kaleng dan berbentuk serpihan atau pelet. Serpihan akan mengambang di permukaan air dan pelet biasanya akan tenggelam ke dasar. Ikan mas koki akan menyantap makanan di permukaan dan di dasar akuarium. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan salah satu jenis pakan kering ini.

Secara umum, pakan kering cukup sehat untuk  mas koki, tetapi tidak mengandung semua nutrisi yang diperlukan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tidak menjadikan pakan kering sebagai komponen utama dari menu makan ikan.

Pakan kering berbentuk serpihan tetap mengambang di permukaan, sisa yang tidak dimakan dapat disingkirkan sehingga lebih mudah bagi Anda untuk menjaga kebersihan akuarium.

  1. Sediakan berbagai jenis pakan hidup

Pakan hidup merupakan sumber protein yang baik untuk ikan, dan dianggap sebagai bagian paling penting dari menu makan ikan. Contoh pakan hidup di antaranya cacing tanah, cacing darah, daphnia, dan udang air asin.

Jika tidak disiapkan dengan benar, pakan hidup memiliki potensi menularkan penyakit kepada ikan mas koki. Untuk mengurangi kemungkinan penularan penyakit, belilah pakan hidup dari toko hewan peliharaan lokal, daripada mencarinya di danau, kolam, atau tanah.

loading...
loading...