Cara Tepat Mengatasi Anjing Peliharaan Terjangkit Penyakit Kurap


Pertanianku – Saat Anda memutuskan untuk memelihara anjing di rumah, pastilah segala sesuatu yang akan terjadi sudah dipersiapkan dengan matang. Salah satunya, Anda harus siap jika sewaktu-waktu anjing peliharaan Anda terserang penyakit. Salah satu penyakit yang sering menyerang anjing peliharaan adalah kurap.

cara-tepat-mengatasi-anjing-peliharaan-terjangkit-penyakit-kurap

Sebenarnya penyebab kurap (scabies) adalah parasit sejenis kutu yang sangat kecil yang menempel pada kulit anjing. Biasanya, anjing yang terjangkit kurap adalah anjing yang awalnya terjangkit cacingan.

Untuk menyembuhkan kurap ini, Anda perlu membawanya ke dokter hewan atau petugas kesehatan hewan di daerah Anda. Mereka akan menyuntikkan anjing dengan ivomec atau sejenisnya.

Sebenarnya, secara aturan penggunaan obat hewan, kita yang bukan dokter hewan atau petugas kesehatan hewan tidak dibenarkan melakukan injeksi pada hewan peliharaan. Namun, karena obat ini dijual bebas banyak juga orang yang menyuntik anjing mereka sendiri yang terkena kurap.

Tips mencegah penyakit kurap pada anjing:

  • Bersihkan semua kawasan halaman Anda dengan disinfektan
  • Cuci kandang anjing dengan detergen dan semprot dengan disinfektan
  • Beri anjing Anda obat cacing secara rutin, pemberian obat cacing anjing bisa dicampurkan dengan makanannya.
  • Jangan lupa untuk vaksinasi anjing secara rutin (vaksin rabies).

Cara mengobati kurap pada anjing, secara umum tindakan medic veteriner yang paling ampuh untuk mengatasi atau menyembuhkan penyakit ini adalah dengan pemberian wormectin (merek dagang) atau ivomec. Dosis pemberian pada anjing, yakni sekitar 1 cc/10 kg berat badan. Pengobatan dilakukan secara injeksi IM (intra muscular) atau di bawah kulit. Jika sulit melakukannya, injeksi juga bisa dilakukan secara subcutan.

Pada saat pengobatan (penyuntikan) sebaiknya minimal dilakukan oleh 2 orang. Satu orang yang memegangi anjing dan satu orang lagi menyuntik. Area paling mudah untuk disuntik pada anjing terletak pada bagian sekitar paha. Sangat dianjurkan pengobatan penyakit ini dilakukan oleh dokter hewan.

Baca Juga:  Tertarik untuk Ternak Ayam Kampung? Ikuti Langkah Mudah Ini!

Dua minggu setelah penyuntikan bulu anjing akan terlihat rontok. Namun, kurapnya mulai mengering dan hilang. Bulu yang rontok ini nantinya akan digantikan bulu baru yang lebih bersih dan bagus. Tidak pernah ada keluhan dari pemilik anjing setelah dilakukan pengobatan secara injeksi ini. Selain dapat mengobati parasit eksternal (kutu, tungau, dan lainnya), wormectin juga dapat membasmi parasit internal (semua jenis cacing) sehingga setelah pengobatan anjing atau hewan piaraan lainnya akan terlihat lebih sehat.

loading...
loading...