Cara Tepat Pemberian Pakan untuk Ikan Mas Koki


Pertanianku — Ikan mas koki memiliki daya tarik tersendiri bagi peminat ataupun yang melihatnya sehingga tidak heran jika banyak masyarakat yang ingin memeliharanya. Akan tetapi, kendala yang sering terjadi, yaitu ikan cepat mati. Hal itu salah satunya bisa disebabkan oleh cara pemberian pakan untuk ikan mas koki kurang tepat.

pemberian pakan untuk ikan mas
Foto: Shutterstock

Psalnya, selain faktor kebersihan akuarium, faktor makanan juga menjadi salah satu faktor penting dalam pemeliharaan ikan mas koki. Oleh karena itu, berikut ini akan dibahas mengenai cara tepat pemberian makan ikan mas koki yang benar.

  1. Untuk mas koki baru menetas

Jika ikan mas koki baru menetas, kita tidak perlu memberikan makanan kepada mereka sekitar 4—5 hari. Itu karena ikan mas koki yang baru menetas memiliki kantung kuning telur yang berperan sebagai cadangan mereka. Setelah 4—5 hari, ikan mas koki harus sering diberi makan karena ikan koki kecil mampu menyerap makanan lebih cepat dibandingkan dengan ikan mas koki dewasa.

  1. Tahapan pemberian pakan

Jumlah atau dosis makanan yang diberikan harus bertahap. Dosis pemberian pakan secara umum yang diberikan dalam sehari sekitar 3—5 persen dari berat total ikan.

  1. Dosis pakan

Frekuensi pemberian dosis makanan juga harus diperhatikan. Ikan mas koki dapat menyerap makanannya sekitar 3—4 jam. Oleh karena itu, pemberian makan selanjutnya bisa setelah 3—4 jam. Jika Anda memberi makan 3 kali sehari, jumlah makanan yang diberikan harus 1/3 dari dosis.

Dosis makanan buatan yang diberikan kepada ikan mas koki jangan terlalu berlebihan. Saat kita memberikan pakan buatan yang berlebihan akan menimbulkan masalah, karena jika ada sisa-sisa pakan yang tidak dimakan, akan mengendap lalu mengalami proses pembusukan. Hal ini berbahaya bagi ikan, selain kondisi akuarium yang cepat kotor, oksigen yang terkandung di dalam air pun berkurang.

  1. Pakan mas koki selain pelet
Baca Juga:  Tips Memilih Diskus untuk Hobiis Pemula

Sediakan makanan hidup bagi ikan mas koki. Makanan hidup yang dimaksud seperti udang air asin, cacing darah, cacing tanah. Makanan hidup ini mengandung protein baik untuk ikan mas koki. Namun, makanan hidup harus dipersiapkan dengan benar, karena jika tidak, akan menyebabkan penyakit pada ikan mas koki.

Sediakan buah dan sayur untuk ikan mas koki. Buah dan sayur juga berperan penting dalam kebutuhan nutrisi yang diperlukan. Cukup dengan mengiris secara tipis dan kecil, lalu masukkan ke akuarium. Buah dan sayur yang dapat berikan antara lain apel, brokoli, dan selada.

  1. Pakan kering untuk ikan mas koki

Jika Anda memberi pakan kering kepada ikan mas koki, sebaiknya pakan direndam terlebih dahulu untuk menghilangkan kandungan udara di dalamnya. Karena jika gelembung udara tertelan, ikan mas koki akan mengalami masalah gelembung renang dan sembelit.

loading...
loading...