Cara Tepat Tingkatkan Sintasan Ikan Kerapu Bebek


Pertanianku – Salah satu komoditas perikanan yang saat ini sedang gencar dikembangkan adalah ikan kerapu bebek. Bahkan, bisa dikatakan ikan kerapu bebek merupakan komoditas budidaya ikan laut yang diekspor dan memiliki nilai ekonomis cukup tinggi.

Sebagaimana melansir dari media penyuluhan ikan patin, hasil yang diperoleh pada penggunaan probiotik, prebiotik dan sinbiotik secara in vivo terbukti mampu meningkatkan sintasan ikan kerapu bebek.

Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan adanya perbedaan yang signifikan antara pemberian probiotik, prebiotik, dan sinbiotik yang masing-masing mempunyai nilai sebesar 91,67% pada tiap perlakuan dibandingkan dengan kontrol positif yang mempunyai nilai sintasan sebesar 33,33%.

Pemberian bakteri probiotik pada pakan ikan kerapu pada tingkat yang berbeda memberikan pengaruh yang signifikan, yakni sebesar 56,6% dibandingkan dengan kontrol yang mempunyai nilai sebesar 20% selama 144 jam setelah uji tantang. Hasil penelitian yang lain juga menunjukkan adanya kesinergisan antara kombinasi pemberian probiotik yang berupa Bacillus subtilis dengan prebiotik fruktooligosakarida (FOS) menghasilkan nilai kumulatif mortalitas yang rendah.

Aplikasi penggunaan probiotik, prebiotik, dan sinbiotik juga menunjukkan hasil pertumbuhan harian yang signifikan dibandingkan dengan kontrol. Hasil yang diperoleh pada pemberian probiotik menunjukkan nilai 12,37%, prebiotik sebesar 12,59%, dan pemberian sinbiotik sebesar 13,79% dibandingkan dengan kontrol yang hanya menunjukkan laju pertumbuhan harian sebesar 8,97% pada kontrol negatif dan 9,62% pada kontrol positif.

Rasio konversi pakan yang diperoleh juga menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara pemberian probiotik, prebiotik, dan sinbiotik terhadap kontrol. Nilai rasio konversi pakan yang terbaik ditunjukkan oleh perlakuan sinbiotik, yakni sebesar 1,24. Untuk perlakuan probiotik dan prebiotik masing-masing mempunyai nilai 1,36 dan 1,29 berbeda nyata dengan kontrol yang rasio konversi pakannya sebesar 1,9 untuk kontrol negatif dan 2,11 untuk kontrol positif.

Baca Juga:  Cara Tepat Pemberian Pakan untuk Ikan Mas Koki
loading...
loading...