Cara Terbaik Melatih Kelinci


Menyapih Anak Kelinci

Pertanianku – Cara terbaik agar kelinci dapat dilatih adalah mengetahui jenis pakan yang paling disukainya. Pakan favorit ini digunakan untuk membujuk kelinci agar mau mengikuti program pelatihan. Kelinci juga bisa dilatih untuk datang ketika namanya dipanggil. Berikut adalah langkahlangkah mudah agar kelinci dapat patuh ketika dipanggil.

  1. Letakkan kelinci di lantai dengan jarak tidak jauh dari pemilik.
  2. Berikan barang kesukaannya berupa mainan atau makanan.
  3. Panggil namanya, misalnya “Bunny, ayo ke sini!”. Dengan stimulus seperti itu, kelinci akan melihat, mencium, dan merespon suara yang menjadi stimulus panggilan kepadanya. Pada awalnya, memang si kelinci tidak tahu bahwa namanya dipanggil. Namun, lama-kelamaan kelinci akan terasosiasikan pada suara yang disebutkan. Lakukan berulangulang sampai kelinci benar-benar mengasosiasikan kode suara yang didengarnya.
  4. Lakukan poin nomor 3, tetapi dengan jarak yang lebih jauh Awalnya, panggilan tersebut bisa dilakukan dalam keadaan jongkok sambil memberikan pakan dan kode padanya. Namun, setelah si kelinci terbiasa, cobalah memanggilnya secara berdiri dengan jarak lebih jauh. Mulailah memanggil namanya (kode suara). Setelah kelinci akan merespon dan mendekati pemilik, berikan pakan/ mainan atau perlakuan favoritnya.

Beberapa kelinci bisa dilatih lebih cepat atau lambat. Namun, ketika latihan dilakukan setiap hari dan intensif, dalam waktu sekitar dua minggu, kelinci akan merespon panggilan anda.

 

Sumber: Buku Hewan Kesayangan Mini dan Eksotis

 

 

loading...
loading...